Senin, 5 Juli 2021 / 25 Zulqa'dah 1442 H

Nasional

Bisa Dicontoh, Peringatan Kemerdekaan RI Diisi Lomba Baca Al-Qur’an

Amin Insani untuk hidayatullah.com
Lomba baca al-Qur'an dalam rangka HUT RI ke-71 di Perumahan Curug Indah, Jakarta Timur.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Ini bisa menjadi contoh bagi umat Islam di Indonesia ke depannya dalam mengisi dan menyambut peringatan hari kemerdekaan.

Di lingkungan RW 8, Kelurahan Cipinang Melayu, Kompleks Perumahan Curug Indah, Jakarta Timur, digelar lomba membaca al-Qur’an. Berlangsung di Masjid Nurul Ikhlas, Jalan Elang Indopura B1/19.

Lomba itu digelar dalam rangka memperingati Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-71 yang jatuh pada Rabu, 14 Dzulqa’dah 1437 H (17/08/2016) lalu. Yaitu berupa membaca Juz Amma dengan bacaan sesuai tajwid. [Baca juga: Warga Panceng Peringati Kemerdekaan dengan Istighasah dan Doa]

Panitia pelaksana (panpel) kemerdekaan RI setempat menggelar lomba bekerja sama dengan Rumah Tahfidz Daarul Huffadz yang memang berada di lingkungan itu.

Salah seorang pengurus Rumah Tahfidz Daarul Huffadz, Amin Insani, mengatakan, pihaknya menjadi dewan juri dalam lomba yang diikuti 30 peserta anak-anak. Yaitu tingkat SD sampai SMP untuk putra dan putri di lingkungan RW tersebut.

“Adapun tujuan diadakan lomba baca al-Qur’an ini adalah mengajak anak kita (Muslim) untuk lebih dekat dan mencintai al-Qur’an. Juga sebagai bentuk pengamalan Pancasila,” ujar Ludi, salah satu anggota panpel, seperti ditirukan Amin kepada hidayatullah.com, Ahad (21/08/2016).

[Foto: Amin Insani]

[Foto: Amin Insani]

Pengamalan Sila Pertama

Ludi menjelaskan, sila pertama dalam Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, dapat diwujudkan dengan pemahaman yang benar terhadap al-Qur’an.

Ketua RW 8, M Luthfie Hakim, dalam sambutannya mengatakan, berdekat-dekatan dengan al-Qur’an merupakan salah satu cara meningkatkan spiritualitas masyarakat.

“Untuk lebih menjadikan lingkungan RW yang agamis, shalat ke masjid dan dekat dengan al-Qur’an,” pesan Luthfie yang juga anggota Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI) seperti diulangi Amin.

Keluar menjadi pemenang dalam lomba baca al-Qur’an ini masing-masing sebagai juara 1, 2, dan 2 adalah Ibrahim Kanaka, Ibrahim Firdaus, dan Yusuf.

Terdapat 3 item penilaian oleh tiga anggota dewan juri lomba ini. Yaitu, makhoorijul (tempat keluarnya) huruf, hukum tajwid, dan murottal/tahsin. Poin-poin dari tiap penilaian itu digabung lalu dijumlah untuk menentukan pemenang.

Para juara. [Foto: Amin Insani]

Para juara. [Foto: Amin Insani]

“Harapan dari pihak Rumah Tahfidz sebagai juri, untuk tahun depan bukan membaca (al-Qur’an) saja, tapi (diadakan juga) lomba hafalan,” ujar Amin berharap.

Untuk diketahui, lomba membaca al-Qur’an dalam rangka HUT RI ke-71 ini diadakan pada Sabtu (13/08/2016) pukul 09.00-12.00 WIB. Panpel juga menggelar lomba-lomba lain ala HUT RI, selayaknya tradisi yang selama ini berlangsung di kalangan masyarakat Indonesia. [Baca juga: Panjat Pinang dan Lomba Balap Karung Dinilai Tak Cerminkan Semangat Kemerdekaan]*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

“Silatnas Yang Ditunggu dan Dirindukan”

“Silatnas Yang Ditunggu dan Dirindukan”

Jambore dan Olimpiade Pelajar Hidayatullah ke 5 se Jawa Tengah dan DIY Diikuti 500 Pelajar

Jambore dan Olimpiade Pelajar Hidayatullah ke 5 se Jawa Tengah dan DIY Diikuti 500 Pelajar

Identitas Kemusliman Jurnalis Harusnya Berpengaruh Pada Cara Pandang

Identitas Kemusliman Jurnalis Harusnya Berpengaruh Pada Cara Pandang

Langkah AS atas Baitul Maqdis Diprediksi Picu Ledakan Kawasan

Langkah AS atas Baitul Maqdis Diprediksi Picu Ledakan Kawasan

Bagai Endemik Menular, LGBT Harus Diobati!

Bagai Endemik Menular, LGBT Harus Diobati!

Baca Juga

Berita Lainnya