Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

International Islamic Fair 2016 Akan Digelar di Indonesia

Yahya G nasrullah/hidayatullah.com
Jumpa pers International Islamic Fair (IIF) 2016 di Jakarta, Kamis (30/06/2016).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Untuk pertama kalinya, pemerintah Indonesia lewat Kementerian Agama akan menggelar International Islamic Fair (IIF) 2016 di Jakarta International Expo, Kemayoran, 20-23 Oktober 2016.

Ketua Panitia IIF 2016, Magda Safrina mengatakan, latar belakang acara tersebut dalam rangka mempererat hubungan antar negara-negara dan komunitas Islam di dunia.

Selain itu, juga bertujuan mengapresiasi budaya Islami, serta mengembangkan kerja sama di bidang ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan Islam se-dunia.

“IIF 2016 adalah sebuah gagasan yang bertujuan memberikan kontribusi nyata terhadap dunia Islam dan masyarakat global,” ujarnya dalam konferensi pers di Balai Kartini, Jakarta, Kamis, 25 Ramadhan 1437 (30/06/2016).

Magda menjelaskan, cakupan kegiatan IIF 2016 meliputi 5 aspek, yakni Islamic Culture Expo, Islamic Fashion, Islamic Food and Beverage, Islamic Education and Book Fair, dan Islamic Travel.

Adapun detail kegiatannya, di antaranya menampilkan anjungan dan atraksi kesenian dari berbagai negara. Akan digelar pula seminar, peragaan busana, bazar, kelas memasak, bedah buku, pameran sains dan teknologi, serta pameran travel haji dan umrah.

“Diperkirakan akan ada 600 stan lebih dari berbagai negara, khususnya Indonesia yang akan memeriahkan pameran tersebut,” paparnya.

Magda berharap, gelaran IIF bisa menjadi ajang pameran tahunan. Tidak hanya sebagai wadah informasi perkembangan dunia Islam, tapi juga menjadi sarana untuk beraktivitas bisnis dalam skala internasional.

“Ini inisiatif yang berani, mudah-mudahan berkelanjutan. Karena antusias kepada Islam dan gaya hidup Islami semakin luar biasa,” pungkasnya.

Rencananya, sedikitnya ada 20 negara yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, terutama yang tergabung dalam keanggotaan Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Selain Kemenag RI, IIF 2016 didukung oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Komite Tetap Timur Tengah dan OKI, serta Kantor Utusan Presiden untuk Timur Tengah dan OKI.*

Rep: Yahya G Nasrullah
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Saudi tuntaskan Bantuan Kemanusiaan di Aceh

Saudi tuntaskan Bantuan Kemanusiaan di Aceh

Rombongan Neno Diadang di Bandara Sore, Masih ‘Tersandera’ Malam ini

Rombongan Neno Diadang di Bandara Sore, Masih ‘Tersandera’ Malam ini

BNPT Akan Gandeng Ormas Islam terkait WNI Eks ISIS

BNPT Akan Gandeng Ormas Islam terkait WNI Eks ISIS

Media Corong Politikus Dikritik Sebagai Pers yang Tak Ideal

Media Corong Politikus Dikritik Sebagai Pers yang Tak Ideal

Tolak Film Hanung, FPI Demo Harian Republika

Tolak Film Hanung, FPI Demo Harian Republika

Baca Juga

Berita Lainnya