Jum'at, 28 Januari 2022 / 24 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

Pakar: Sejarah Mencatat, Peradaban Islam Membawa Kemajuan

Bagikan:

Hidayatullah.com– Sejarah telah mencatat, wilayah-wilayah yang ditaklukan oleh umat Islam jadi semakin maju. Demikian menurut pakar sejarah Islam, Asep Sobari.

“Cobalah cek buku-buku sejarah. Daerah mana yang ditaklukkan oleh umat Islam, kemudian setelah itu mengalami kemunduran yang drastis? Tidak akan pernah ditemukan. Yang ada justru semakin maju,” gugah Asep Sobari dalam sebuah seminar peradaban di kampus ITS Surabaya, Jawa Timur, baru-baru ini.

Hal itu, menurutnya, dikarenakan ajaran Islam tidak mengenal istilah eksploitasi. Berbeda dengan negara-negara Barat. Contohnya Belanda yang menjajah dan mengeksploitasi Indonesia berabad-abad lamanya.

Sebaliknya, jelas Asep, Islam memiliki dua konsep peradaban yang justru menjadi faktor utama akan keindahan Islam, baik di mata kawan ataupun lawan. “Dua konsep itu adalah adil dan ihsan,” katanya.

Asep mengatakan, Islam sangat menjunjung tinggi penegakan keadilan.

“Coba bayangkan, karena tingginya praktik penegakan keadilan, seorang Yahudi miskin saja bisa menang dalam persidangan melawan seorang khalifah, sang penguasa,” ungkapnya mencontohkan sebuah kisah dalam catatan sejarah Islam.

“Ini, kan, peradaban yang sangat luar biasa!” sambungnya.

Islam pun menuntun pemeluknya agar gemar untuk berbuat ihsan. “Dalam hal ini, mari kita membuka lembaran kisah Dzul Qarnain yang tertera di dalam al-Qur’an,” ajaknya.

Dzul Qarnain, tutur Asep, merupakan sosok yang diberi kekuasaan luar biasa besar oleh Allah. Meski demikian, Dzul Qarnain tidak jemawa. Sebaliknya, kekuasaan itu ia manfaatkan untuk membantu kaum lemah lagi tertindas.

Praktik pembangunan peradaban macam inilah, menurut Asep, yang dirintis oleh kaum Muslimin dahulu. Dimana hal itu berbeda dengan kondisi saat ini.* Robinsah

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

‘Reuni 212 sebagai Pengingat, Peneguh, Pengokoh’

‘Reuni 212 sebagai Pengingat, Peneguh, Pengokoh’

kebebasan seksual lgbt

MK Diapresiasi Jika Kabulkan Gugatan Pasal Kesusilaan

MIUMI Serahkan Berkas Penolakan Masyarakat terhadap RUU-KKG

MIUMI Serahkan Berkas Penolakan Masyarakat terhadap RUU-KKG

Puluhan Ormas Muslimah Kecam Karikatur The Jakarta Post

Puluhan Ormas Muslimah Kecam Karikatur The Jakarta Post

Kesuksesan Perekomian Umar karena Terapkan Islam secara Kaffah

Kesuksesan Perekomian Umar karena Terapkan Islam secara Kaffah

Baca Juga

Berita Lainnya