Asep Sobari: Allah Sudah Mengajarkan Pentingnya Hidup Berjamaah

“Jamaah merupakan landasan pengamalan ajaran Islam.”

Terkait

Hidayatullah.com– Saat mengurai tentang sistem perubahan pada manusia, Allah menggunakan kata yang menunjukkan makna kolektivitas, bukan individu. Ini mengajarkan umat Islam akan pentingnya hidup berjamaah.

Demikian diuraikan pakar sejarah Islam dari INSISTS, Asep Sobari, ketika mengisi kajian di kampus ITS Surabaya, Jawa Timur, Senin (06/06/2016).

Melengkapi uraiannya, Asep menyitir firman Allah dalam Surat ar-Ra’ad ayat 11; “… Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri….”

“Perhatikan, kata yang digunakan Allah pada ayat di atas yang menyinggung soal perubahan, memakai kata ‘kaum’. Dan ini menunjukkan makna kolektivitas atau jamaah,” urainya.

Sedangkan untuk penegakan syariat Islam, tambahnya, banyak sekali yang tidak bisa ditegakkan tanpa adanya jamaah. “Sebab jamaah merupakan landasan pengamalan ajaran Islam,” tegas Pendiri Surah Club Indonesia ini.

Untuk itu, imbaunya, persatuan umat harus dibangun. Jangan sampai umat Islam mudah terpecah-belah.

Agar sistem jamaah itu bisa terjalin dengan kokoh, sambungnya, umat Islam harus mampu membedakan antara perbedaan dan pertentangan dalam tubuh mereka.

“Kalau soal qunut, umpamanya, itu adalah soal perbedaan. Maka tak sepatutnya umat Islam terpecah-belah, hingga enggan untuk menegakkan shalat berjamaah,” ujarnya.

“Namun kalau sudah masuk ke ranah sekulerisme, maka itu perkara yang bertentangan, maka harus ditentang,” sambungnya.

Sebab, jelas Asep Sobari, Islam berbeda dengan sekulerisme. Islam tidak mengenal adanya konsep pemisahan antara urusan ketuhanan/keagamaan dengan kehidupan politik, sosial, dan sebagainya.* Robinsah

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !