Tiap Tahun, H Kalla Boyong Keluarga Sekolah ke Gontor

"Ayah saya tiap tahun saya kira minimum 2-3 bulan nginap di Gontor untuk menjenguk anak dan kemenakannya.”

Tiap Tahun, H Kalla Boyong Keluarga Sekolah ke Gontor
muhammad abdus syakur/hidayatullah.com
Wapres JK (batik coklat, berkacamata) di Masjid Istiqlal.

Terkait

Hidayatullah.com– Semasa hidupnya, H Kalla, ayah dari Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), berkeyakinan bahwa Pondok Modern Darussalam Gontor selalu menjadi harapan. Harapan itu masih melekat bagi JK sekeluarga hingga kini.

Hal itu ia ungkapkan pada acara sujud syukur berjamaah memperingati jelang 90 tahun Pondok Gontor di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

“Pada tahun 1970-an waktu ayah saya masih hidup, sekolah yang terbaik menurut pandangan ayah saya di Indonesia cuma satu, (Pondok) Gontor,” ujar JK disambut aplaus ribuan santri, alumni, dan keluarga besar Pondok Gontor.

“Karena itu,” lanjutnya, “adik saya, kemenakan saya, semuanya diboyong tiap tahun ke Gontor. Ada yang diterima, ada yang ditolak. Tapi alhamdulillah juga, ayah saya tiap tahun saya kira minimum 2-3 bulan nginap di Gontor untuk menjenguk anak dan kemenakannya.”

“Itulah pandangan beliau (ayah JK. Red) dan saya yakin pandangannya benar,” imbuhnya.

JK pun menyampaikan terima kasihnya karena telah bersama-sama mendirikan Pondok Modern Ittihadul Ummah Gontor 13 di Poso, Sulawesi Tengah.

Peletakan batu pertama Pondok Ittihadul Ummah dilakukan oleh Presiden RI periode 2004-2014 Susilo Bambang Yudhoyono (1 Mei 2007) dan dibuka secara resmi oleh Wapres JK (20 Juli 2008).

“Saya yakin, (Pondok) Gontor telah mempunyai prestasi yang luar biasa. Prestasi pendidikan selalu dilihat daripada hasilnya. Hasil yang pertama adalah alumninya. Kita tahu semua bagaimana alumni-alumni Gontor memenuhi begitu banyak ruang dan fungsi di negeri ini,” ujarnya.

JK pun menyebut nama sejumlah alumni Pondok Gontor yang jadi tokoh di Indonesia. Di antaranya Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid yang juga hadir pada acara di Istiqlal tersebut.

“Itu yang ada di pusat. Belum lagi yang ada di daerah-daerah yang memenuhi fungsi-fungsi dan kebutuhan masyarakat kita. Sungguh suatu nikmat dan prestasi yang kita harus syukuri,” ujar JK.

Diberitakan hidayatullah.com sebelumnya, peringatan jelang 90 tahun Pondok Gontor di Masjid Istiqlal berlangsung semarak sekaligus sakral, Sabtu, 21 Sya’ban 1437, (28/05/2016) pagi. [Baca: Sujud Syukur Bersama Ribuan Santri Pondok Gontor, Wapres: Alhamdulillah!]*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !