Rabu, 27 Oktober 2021 / 20 Rabiul Awwal 1443 H

Nasional

Sabtu Ini, “Sujud Syukur 90 Tahun Gontor” di Masjid Istiqlal

demotix
Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor
Bagikan:

Hidayatullah.com– Sabtu (28/05/2016) akhir pekan ini, bertepatan 21 Sya’ban 1437, agenda acara Sujud Syukur Menyambut 90 Tahun Gontor digelar di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Acara tersebut dalam rangka Peringatan 90 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor (Pondok Gontor) Perwakilan Jakarta. Insya Allah digelar pada Sabtu pagi, pukul 08.00–12.00 WIB.

“Agenda ini mengangkat tema ‘Aktualisasi Nilai-nilai Santri untuk Kemuliaan Bangsa’, dengan target memutihkan Masjid Istiqlal,” demikian pernyataan resmi panitia atas nama Sekretaris Umum, Sayuda Patria, kepada hidayatullah.com, Jumat (27/05/2016).

Disebutkan, acara tersebut akan dihadiri sejumlah pejabat negara, tokoh masyarakat, dan alim ulama yang akan berbicara banyak soal tema yang diangkat.

Pada acara ini akan digelar silaturahim para kiai, tokoh alumni serta keluarga besar Pondok Modern Darussalam Gontor. Acara ini dikabarkan akan melibatkan sekitar 15 ribu orang keluarga besar Pondok Gontor dari Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Banten.

Sejarah Singkat

Perjalanan panjang Pondok Gontor bermula pada abad ke-18. Pondok Tegalsari, sebagai cikal bakal Pondok Gontor, didirikan oleh Kiai Ageng Hasan Bashari. Ribuan santri berduyun-duyun menuntut ilmu di pondok ini.

Gontor adalah sebuah tempat yang terletak sekitar 3 km sebelah timur Tegalsari dan 11 km ke arah tenggara dari kota Ponorogo, Jawa Timur.

Singkat cerita, dengan bekal awal 40 santri, Pondok Gontor yang didirikan oleh Kiai Sulaiman Jamaluddin ini terus berkembang dengan pesat, khususnya ketika dipimpin oleh puteranya yang bernama Kiai Anom Besari.

Saat Kiai Anom wafat, pondok diteruskan oleh generasi ketiga dari pendiri Gontor Lama dengan pimpinan Kiai Santoso Anom Besari.

Setelah perjalanan panjang itu, tibalah masa bagi generasi keempat. Tiga dari tujuh putra-putri Kiai Santoso Besari menuntut ilmu ke berbagai lembaga pendidikan dan pesantren. Keempatnya lalu kembali ke Gontor untuk meningkatkan mutu pendidikan di Pondok Gontor.

Mereka adalah KH Ahmad Sahal (1901-1977), KH Zainuddin Fanani (1908-1967), dan KH Imam Zarkasyi (1910-1985).

Mereka memperbaharui sistem pendidikan di Gontor dan mendirikan Pondok Modern Darussalam Gontor pada tanggal 20 September 1926 bertepatan dengan 12 Rabiul Awwal 1345, dalam peringatan Maulid Nabi.

Pondok Gontor saat ini dipimpin oleh KH Dr Abdullah Syukri Zarkasyi, KH Hasan Abdullah Sahal, dan KH Syamsul Hadi Abdan. Demikian dirangkum dari situs resminya, gontor.ac.id.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

WNI di Libya Dievakuasi ke Tunisia

WNI di Libya Dievakuasi ke Tunisia

KAMMI Komesariat Unair Gelar Konser Amal Peduli Pendidikan

KAMMI Komesariat Unair Gelar Konser Amal Peduli Pendidikan

Akui sebagai Pembina GMBI, Kapolda Jabar Anton Bantah Ada Penyerangan terhadap FPI

Akui sebagai Pembina GMBI, Kapolda Jabar Anton Bantah Ada Penyerangan terhadap FPI

Sabtu, Peserta “Aksi Sejuta Umat Bubarkan Miss World”

Sabtu, Peserta “Aksi Sejuta Umat Bubarkan Miss World”

Begini Hukum Minum Air Kencing Unta Menurut Pakar Fiqih

Begini Hukum Minum Air Kencing Unta Menurut Pakar Fiqih

Baca Juga

Berita Lainnya