Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Bupati Mamuju Programkan Bebas Buta Aksara Al-Qur’an

hidayatullah.com/Imam Nawawi
Bupati Mamuju H. Habsi Wahid
Bagikan:

Hidayatullah.com–Satu di antara tekad dari sekian program Pemerintah Kabupaten Mamuju adalah terwujudnya program Bebas Buta Aksara Al-Qur’an. Diketahui program ini sangat didorong oleh Bupati Mamuju H. Habsi Wahid.

“Saya kira kita ini Muslim (semestinya) terpanggil bagaimana bisa mensyiarkan agama kita,” ucapnya kepada hidayatullah.com kala ditemui di rumah jabatannya Jum’at, (20/5/2016) lalu.

“Secara kebetulan lagi sebagai kepala daerah, setelah kita melakukan munaqosah (kajian) dari unsur terkait, ternyata memang anak-anak yang tamat SD, SMP dan SMA yang belum bisa baca-tulis Al-Qur’an masih cukup banyak,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Habsi selaku kepala daerah di Kabupaten berkeinginan daerahnya bisa terbebas dari generasi yang buta aksara Al-Qur’an.

“Jelas ini tantangan. Sebagai kepala daerah setidak-tidaknya kita bisa mengeliminir dan bagusnya buta aksara ini hilang di daerah kita,” ucapnya.

Dalam implementasinya, ayah 10 anak ini telah mencanangkan program setiap desa ada satu lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA).

“Dalam upayanya saya mencoba meramu bagaimana pelaksanannya nanti setiap satu desa ada satu Taman Pendidikan Al-Qur’an,” tegasnya.

Namun, Habsi yang memiliki pengalaman birokrasi selama 15 tahun sebagai Sekretaris Daerah ini mengatakan bahwa keberhasilan program ini juga tergantung pada antusiasme masyarakat Mamuju sendiri.

“Tentu program ini akan berhasil sejauh masyarakat Mamuju antusias terlibat dalam pelaksanaan dan berperan aktif memberikan masukan (positif) kepada pemerintah, sehingga target dari Mamuju Bebas Buta Aksara Al-Qur’an ini benar-benar bisa dicapai,” pungkasnya.

Selain itu telah luas diketahui publik Kabupaten Mamuju bahwa bisa baca-tulis Al-Qur’an ke depannya juga akan menjadi penentu (syarat) diterima atau tidaknya seorang siswa melanjutkan pendidikan dasar dan menengah.*

Rep: Imam Nawawi
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Raih 3 Penghargaan dari KPK, Anies Baswedan Tuai Pujian

Raih 3 Penghargaan dari KPK, Anies Baswedan Tuai Pujian

Pemprov Jabar Serahkan Donasi Rp 1 M untuk Rohingya

Pemprov Jabar Serahkan Donasi Rp 1 M untuk Rohingya

Din Syamsuddin Artidjo Alkostar

Din Syamsuddin Turut Kehilangan Sosok Artidjo Alkostar Hakim yang Pemberani, Jujur dan Adil

Banjir Landa Jakarta, Jokowi Umumkan Tanggap Darurat

Banjir Landa Jakarta, Jokowi Umumkan Tanggap Darurat

Beli Indonesia: Penting Membangun Pasar Bagi Pelaku Usaha Dalam Negeri

Beli Indonesia: Penting Membangun Pasar Bagi Pelaku Usaha Dalam Negeri

Baca Juga

Berita Lainnya