Rabu, 27 Januari 2021 / 13 Jumadil Akhir 1442 H

Nasional

Siswa Penghafal Quran di Kota Padang Peroleh Keistimewaan

Wali Kota Padang H Mahyeldi Dt. Marajo menyerahkan piagam pada siswa penghafal Al-qQur'an
Bagikan:

Hidayatullah.com – Kota Padang, Sumatra Barat, tak hanya dikenal sebagai kota yang gencar memberantas segala bentuk kemaksiatan. Kota ini  juga memberikan perlakuan istimewa  kepada  para siswa yang giat menghafal Al-Qur’an.

Wali Kota Padang  H. Mahyeldi Dt. Marajo menjelaskan,  bagi siswa yang hafal 1 juz, 3 juz dan 5 juz mendapat keistimewaaan ketika akan melanjutkan sekolah ke tingkat lebih tinggi.

“Untuk siswa SD yang hafal 1 juz bisa memilih SMP Negeri mana saja  yang ia sukai. Bagi siswa SMP yang hafal tiga juz,  bisa memilih SMA atau SMK negeri mana saja di Kota Padang.Sedangkan siswa SMA atau SMK yang hafal 5 juz ada beberapa perguruan tinggi di Kota Padang yang telah berkomitmen menerimanya tanpa tes,”  kata Wali Kota Mahyeldi  ketika meluncurkan program  SMA Negeri  2 Padang Menghafal Qur’an di lingkungan sekolah yang terletak di Jalan Musi  itu , Jumat  (15/04/2016) kemarin.

Menurut Mahyeldi,  Pemko Padang  telah  mengeluarkan kebijakan  dimana  siswa-siswa yang hafal Al-Qur’an mendapatkan prioritas ketika melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

“Siswa boleh memilih sekolah yang diinginkan untuk tingkat SD, SLTP dan SLTA di mana pun  dalam kota ini.

Pemberian keistimewaan bagi siswa hafal Al-Qur’an tersebut adalah dalam rangka memacu gerakan menghafal Al-Qur’an bagi generasi muda di Kota Padang guna mewujudkan kota Padang yang  religious.

“Gerakan menghafal Al-Qur’an akan terus digencarkan  agar generasi muda Islam di Kota Padang menjadi generasi yang religius dan mengaplikasikan nilai-nilai Qur’an,” kata Mahyeldi.

Pada kesempatan  itu,  Kepala SMAN 2 Padang Syamsul Bahri mengungkapkan, launching SMAN 2 Padang Menghafal Qur’an merupakan program sekolah dalam rangka mendukung program Pemerintah Kota Padang untuk mewujudkan masyarakat yang lebih religius. Sekolah Negeri  ini telah melahirkan 2 siswa yang hafal 5 juz Al-Quran dan 100 orang lainnya hafal 3 juz.*

Rep: D. Nurja
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

UII Gratiskan Biaya Pendidikan Penghapal Al-Quran

UII Gratiskan Biaya Pendidikan Penghapal Al-Quran

Wapres JK Siap Buka Silatnas Hidayatullah 2018

Wapres JK Siap Buka Silatnas Hidayatullah 2018

Jakarta Islamic Center Kembali Gelar Festival Maulid Nusantara

Jakarta Islamic Center Kembali Gelar Festival Maulid Nusantara

NU Bolehkan Aborsi Dengan Syarat Tertentu

NU Bolehkan Aborsi Dengan Syarat Tertentu

Farhat Abbas Minta MK Melegalkan Perjudian

Farhat Abbas Minta MK Melegalkan Perjudian

Baca Juga

Berita Lainnya