Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

KTT OKI ke-13 di Istanbul Temukan Solusi Tangani Perbedaan di Dunia Islam

kemlu.go.id
Pertemuan Council of Foreign Ministers dalam rangka persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-13 Organisasi Kerjasama Islam (OKI)
Bagikan:

Hidayatullah.com–Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerjasama Islam (OKI) ke-13 yang akan diselenggarakan di Istanbul, Turki hari Kamis – Jum’at (14-15/4)  bakal menetapkan arah dan kebijakan perdamaian di negara-negara Islam.

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) akan mewakili Indonesia dalam KTT Organisasi Kerjasama Islam (OKI) ke-13 didampingi Ibu Mufidah.

“Indonesia akan selalu siap menjadi bagian dalam upaya perdamaian Islam dalam KTT OKI (Organisasi Kerja Sama Islam),” ujar Jusuf Kalla dalam pernyataan terbaru dikutip Antara, Selasa (12/04/2016).

Sidang KTT OK yang akan dimulai pada 13 hingga 14 April itu akan didahului dengan pertemuan-pertemuan persiapan yaitu Rapat Dewan Menteri-Menteri Luar Negeri dan Pertemuan Pejabat Senior.

KTT OKI, yang diadakan setiap tiga tahun sekali ini akan didahului dengan pertemuan-pertemuan persiapan yang diselenggarakan pada 12 hingga 13 April dan 10 hingga 11 April 2016.

Bertemakan ‘Solidaritas dan Kebersamaan untuk Keadilan dan Perdamaian’, KTT ini menekankan betapa pentingnya persatuan dan kebersamaan negara-negara anggota OKI dalam menyelesaikan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh dunia Islam,” demikian sebuah pernyataan Kementerian Luar Negeri Malaysia dikutip Astroawani.

Sementara itu, dikutip laman Kemenlu, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dalam pertemuan Council of Foreign Ministers saat rangka persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-13 Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Istanbul, Turki menyatakan bahwa OKI harus mampu menjawab tantangan baru dunia. “OKI harus mampu menjalankan kegiatan “Go beyond business as usual” ujar Menlu RI.

Menlu Retno menggarisbawahi pentingnya persatuan dalam OKI untuk dapat menyelesaikan perbedaan dan konflik secara damai serta menghadapi berbagai tantangan terkini di Dunia Islam. Indonesia menyampaikan apresiasi atas dukungan negara-negara anggota terhadap inisiatif Indonesia untuk membentuk OIC Contact Group on Peace and Conflict Resolution. Hal ini diharapkan membantu dan mencari solusi secara damai dari berbagai konflik yang ada di dunia Islam.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Setahun Kasus Penyerangan Novel, Jokowi Didesak lagi Bentuk TGPF

Setahun Kasus Penyerangan Novel, Jokowi Didesak lagi Bentuk TGPF

MUI Jatim Sebarkan Modul Berisi Fatwa Tentang Kesesatan Syiah

MUI Jatim Sebarkan Modul Berisi Fatwa Tentang Kesesatan Syiah

Forum Pemuda Lintas Agama Minta Nobel Perdamaian Suu Kyi Dicabut

Forum Pemuda Lintas Agama Minta Nobel Perdamaian Suu Kyi Dicabut

Wamenag: UU Produk Halal Sangat Membantu Masyarakat

Wamenag: UU Produk Halal Sangat Membantu Masyarakat

Manfaatkan Teknologi, Nabi Palsu Kembali Unjuk Gigi

Manfaatkan Teknologi, Nabi Palsu Kembali Unjuk Gigi

Baca Juga

Berita Lainnya