Rabu, 26 Januari 2022 / 22 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

Komnas HAM: Hasil Autopsi Bisa Digunakan untuk Mengajukan Evaluasi Terhadap Densus

hidayatullah.com/M Rifa'i Fadhli
Prof. Hafid Abbas, Komisioner Komnas HAM bidang Subkomisi Mediasi
Bagikan:

Hidayatullah.com – Hasil autopsi jasad Siyono, terduga kasus terorisme yang tewas saat ditangkap oleh Densus 88 akan diumumkan pada 11 April besok di Kantor Komnas HAM.

Komisioner Komnas HAM, Prof. Hafid Abbas mengatakan, nantinya hasil dari autopsi itu akan diteruskan kedalam beberapa opsi. Termasuk jika memenuhi persyaratan Undang-Undang No. 26 tentang pengadilan HAM.

“Kita lihat nanti lebih lanjut seperti apa,” ujarnya kepada hidayatullah.com, di Islamic Center Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (09/04/2016).

Ditanya apakah akan digunakan untuk mengajukan mengevalusi penanganan kasus terorisme ia menjawab hal itu bisa saja dilakukan.

“Ya bisa saja, ada banyak implikasinya. Tergantung kajian yang dilakukan oleh Komnas HAM dan institusi yang terkait (Densus) nantinya,” jelas Prof. Hafid.

Intinya, kata dia, hasil autopsi tersebut akan dimanfaatkan untuk melakukan perubahan terkait persoalan Hak Asasi Manusia.

Namun ia menegaskan, proses hukum terus berjalan. Karena, menurutnya, Densus dalam menjalankan tugasnya harus sesuai dengan hukum, tidak bisa main hakim sendiri.

“Orang dicurigai langsung diperlakukan seperti Siyono ini kan mencederai misi tugas yang diamanahkan oleh institusi. Jadi kalau Densus terbukti bersalah, maka sudah seharusnya di proses secara hukum,” pungkas Prof. Hafid.

Untuk dikatahui, Komnas HAM akan menggelar konperensi pers terkait hasil autopsi jasad Siyono oleh tim forensik dari Muhammadiyah.

Akan hadir pada kesempatan itu, tokoh-tokoh dari Koalisi Masyakat Sipil seperti Busyro Muqqodas (Ketua PP Muhammadiyah), Dahnil Anzar Simanjuntak (Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah), Bahrain (YLBHI), Ray Rangkuti (LIMA), Haris Azhar (KontraS), Miko Ginting (PSHK) dan lainnya.*

Rep: Ibnu Sumari
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

MUI Ingatkan Lagi Pemimpin Tidak Ingkar Janji

MUI Ingatkan Lagi Pemimpin Tidak Ingkar Janji

Wapres Akan Hadiri Munas IV Hidayatullah November Mendatang

Wapres Akan Hadiri Munas IV Hidayatullah November Mendatang

Menag-MUI Bahas Penyelesaian RUU Produk Halal

Menag-MUI Bahas Penyelesaian RUU Produk Halal

Wamenag

Gerakan ZISWAF Dinilai Dapat Bantu Warga Terdampak Covid-19

IPW Usulkan Rehabilitasi Terduga Teroris Masuk Revisi UU Terorisme

IPW Usulkan Rehabilitasi Terduga Teroris Masuk Revisi UU Terorisme

Baca Juga

Berita Lainnya