Rabu, 7 Juli 2021 / 27 Zulqa'dah 1442 H

Nasional

AQL Launching Sekolah Internasional di Purwakarta untuk Yatim dan Dhuafa

ISTIMEWA
Yayasan Peradaban Islam KH Bachtiar Nasir dalam acara peletakan batu pertama
Bagikan:

Hidayatullah.com–Ar-Rahman Qur’anic Learning (AQL) Islamic Center terus melebarkan sayap untuk pendidikan Islam di Tanah Air. Setelah launching AQL Islamic School (AQLIS) yang pertama di Jonggol, Jawa Barat, kini AQLIS 2 akan dibangun di Purwakarta.

Pembangunan AQLIS 2 akan dibangun di atas tanah 4 hektar di Kampung Citapen, Desa Sukajaya, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat.

Peletakan batu pertama pesantren setingkat SMP dan SMU itu akan dilaksanakan hari Sabtu, 12 Maret 2016.

Sekolah yang diberi nama Pesantren Yatim dan Dhuafa Umm Kholid ini berbasis beasiswa untuk yatim dan duafa dengan persentase 60 persen dan pembiayaan mandiri 40 dari total peserta didik yang akan persen diterima. Berbeda dengan AQLIS 1 di Jonggol, sebanyak 40 persen dari siswa/ santri adalah beasiswa untuk yatim dan duafa. Sementara untuk siswa/ santri mandiri sebanyak 60 persen.

AQLIS 2 dibangun atas kerja sama antara Yayasan Peradaban Islam yang menaungi AQL Islamic Center dengan Yayasan Ash Shilah Al-Khairiyyah. “Di Purwakarta ini kami bangun pesantren AQLIS 2 untuk putra dan putri. Ini juga karena banyaknya permintaan agar kami juga mendidik kader-kader muslimah sebagai generasi penerus bangsa,” ungkap pimpinan Yayasan Peradaban Islam KH Bachtiar Nasir di Jakarta, Jumat (11/03/2016).

Peletakan batu pertama pembangunan AQLIS 2 di Purwakarta akan dihadiri tokoh-tokoh dari pemerintah baik tingkat masional dan lokal, termasuk tokoh dan perwakilan dari Yayasan Ash Shilah Al-Khairiyah serta dari pihak Qatar.  Kegiatan ini dirangkaikan dengan Tabligh Akbar yang akan dihadiri 1.000 jamaah dari berbagai wilayah termasuk dari Jabodetabek.

“Perizinan pembangunan sudah selesai di tingkat masyarakat, desa, dan camat. Perizinan dari Pemerintah Kabupaten Purwakarta dan Provinsi Jawa Barat, dalam proses,” kata pimpinan AQL Islamic Center ini.

Menurut dia, peradaban Islam yang menjadi impian umat tidak tumbuh begitu saja. Peradaban Islam hanya tumbuh lewat jalan yang serius dan berkesinambungan. Salah satunya melalui lembaga pendidikan Islam yang akan dibangun di Purwakarta. Tentu juga harus ditopang dengan dana yang tidak sedikit.

“Insya Allah, pembangunan AQLIS 2 akan memakan waktu selama sepuluh bulan. Jadi tahun ajaran perdana sudah bisa dimulai tahun 2017 nanti,” kata KH Bachtiar Nasir yang juga Sekjen Majelis Ulama dan Intelektual Muda Indonesia (MIUMI) Pusat ini.*

Rep: Ahmad
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Diskusi Publik INSISTS: Keragaman Indonesia dalam Timbangan Worldview Islam

Diskusi Publik INSISTS: Keragaman Indonesia dalam Timbangan Worldview Islam

Viral Postingan “Klepon Haram”, Diduga Pengalihan Isu, Felix Siauw: Ada yang Bikin Fitnah

Viral Postingan “Klepon Haram”, Diduga Pengalihan Isu, Felix Siauw: Ada yang Bikin Fitnah

Ahli Falak Harus Sepakat tentukan  Kriteria Hilal

Ahli Falak Harus Sepakat tentukan Kriteria Hilal

Umat Kehilangan Dai Lintas Golongan

Umat Kehilangan Dai Lintas Golongan

Tak Maju Lagi, Daming Harapkan Pengganti yang Visioner

Tak Maju Lagi, Daming Harapkan Pengganti yang Visioner

Baca Juga

Berita Lainnya