Dompet Dakwah Media

OJK: Indonesia Harus Miliki Bank Syariah Berskala Besar

Pangsa pasar perbankan syariah terhadap total pasar perbankan nasional baru 4,87 persen pada akhir 2015 atau di bawah target minimal 5 persen.

OJK: Indonesia Harus Miliki Bank Syariah Berskala Besar
Ilustrasi.

Terkait

Hidayatullah.com–Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai Indonesia harus memiliki bank syariah berskala besar agar dapat menampung dana-dana berjumlah besar untuk dimaanfaatkan dalam mendorong pembiayaan dan pertumbuhan ekonomi.

“Harus ada bank syariah besar, ya bank BUMN. Kalau bank masih kecil, susah terima dana yang besar-besar,” kata Kepala Departemen Perbankan Syariah OJK Ahmad Buchori pada jumpa pers di Jakarta, Kamis (25/2/2016).

Namun pemerintah, melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), malah memastikan rencana penyatuan bank-bank BUMN syariah batal dengan lebih memilih opsi mencari mitra strategis.

Keempat bank BUMN syariah yang ditugaskan mencari mitra strategis itu, antara lain BNI Syariah, BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri (BSM), dan Unit Usaha Syariah (UUS) Bank BTN,

“Caranya (konsolidasi) terserah Kementerian BUMN, mau dimerjer atau cari strategic investor. Yang penting bisa meningkatkan skala bank syariah,” ujar Buchori.

Berdasarkan data OJK, pangsa pasar perbankan syariah terhadap total pasar perbankan nasional baru 4,87 persen pada akhir 2015 atau di bawah target minimal 5 persen.

Buchori menambahkan, OJK akan terus menerus menyempurnakan pengaturan dan pengawasan perbankan, khususnya industri keuangan syariah.

Menurut dia, OJK akan senantiasa mengakomodasi kebutuhan industri namun tetap dengan memegang prinsip kehati-hatian.*

Rep: Insan Kamil

Editor: Syaiful Irwan

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !