Tokoh LGBT Mengaku Banyak Terpengaruh Paham JIL

Hartoyo tampak bangga dengan kehomoseksualan dirinya.

Tokoh LGBT Mengaku Banyak Terpengaruh Paham JIL
rifa'i fadhly/hidayatullah.com
Pegiat LGBT, Hartoyo, di Cikini, Jakarta, Sabtu (20/02/2016).

Terkait

Hidayatullah.com– Hartoyo, salah seorang pegiat LGBT yang berani terang-terangan tampil di publik, mengungkap, dirinya merasa terbuka soal pemahaman keislaman karena dipengaruhi tulisan aktivis liberalisme.

“Tulisan-tulisan Mas Ulil (Abshar Abdalla) dan teman-teman Jaringan Islam Liberal (JIL) berhasil membuka kunci pandora saya terhadap keislaman saya. Bahwa Islam itu tidak hitam-putih melihatnya,” ujarnya pada diskusi bertema “LGBT, Beda Tapi Nyata” di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (20/02/2016).

Hartoyo berpendapat, berdasarkan pemahaman yang ia baca dari tulisan Ulil, permasalahan agama khususnya soal tafsir adalah tergantung siapa yang menafsirkan.

“Walaupun mereka (Ulil dan JIL) tidak pernah membahas LGBT secara langsung, tapi mereka memberi tawaran bahwa tafsir itu tidak tunggal,” katanya.

“Dan itu yang membuat saya berfikir bahwa ini soal kekuasaan, soal siapa yang menafsirkan, dan ini soal perebutan. Makanya saya akan berjuang ke sana,” lanjutnya.

Hartoyo mengaku mulai membaca tulisan Ulil dan akivis JIL sejak 2004. Kini ia mengaku kehomoseksualan dirinya sama kuat dengan keislamannya.

“Saya Islam dan saya gay,” katanya tampak membanggakan diri. [Baca: Hartoyo Terima Dana Asing untuk Kampanye LGBT di Indonesia]

Sementara Ulil, ketika diminta memberikan tanggapannya terkait pengakuan Hartoyo, mengaku bersyukur dengan hal itu.

“Ya Alhamdulillah kalau ada orang yang terbuka dan mendapatkan hidayah karena tulisan saya,” ungkapnya dengan nada guyon di depan awak hidayatullah.com.

Terpisah, pakar tafsir al-Qur’an, Ustadz Fahmi Salim, Lc, MA, menjelaskan, penafsiran al-Qur’an tak bisa seenaknya. Bukan ditentukan oleh kekuasaan atau perubahan sosial apapun.

“Tafsir al-Qur’an lebih ditentukan oleh kepastian makna semantik kosa kata kitab suci,” jelasnya dihubungi media ini.*

Rep: Yahya G Nasrullah

Editor: Muh. Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !