Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Pemkot Balikpapan Larang Perayaan Valentine’s Day

IST
Surat edaran larangan perayaan Valentine's Day bagi pelajar di Balikpapan.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Kalimantan Timur, melalui Dinas Pendidikannya, menerbitkan surat edaran larangan perayaan Valentine’s Day yang ditujukan bagi semua SMP-SMA-SMK/sederajat di kota itu.

Melalui surat bertanggal 5 Februari 2016 itu, para kepala sekolah diimbau mencegah peserta didik agar tidak terpengaruh dengan perayaan Valentine’s Day. Perayaan ini dikhawatirkan menimbulkan ketidaksesuaian dengan kearifan dan budaya Indonesia.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, menyatakan bahwa dirinyalah yang menginstruksikan Kepala Dinas Pendidikan Kota untuk mengeluarkan surat edaran itu.

“Sebaiknya Valentine’s Day ini jangan dirayakan, (sebab) kegiatan ini tidak terlalu mendidik, bahkan sangat berbahaya bagi pelajar,” ucap Rizal saat dihubungi hidayatullah.com, Rabu (10/02/2016).

Surat bernomor 420/209/SKT/II/2016 yang ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Balikpapan, Muhaimin, itu berisi 4 poin inti imbauan. [Baca: Sekolah Diminta Menyadarkan Murid soal Ruginya Mengikuti Valentine’s Day]

Pertama, sekolah diimbau melakukan antisipasi kemungkinan adanya perayaan Valentine’s Day oleh peserta didik.

Imbauan kedua agar sekolah memberikan pengertian dan penguatan moral kepada seluruh peserta didik, tentang makna kasih sayang yang tidak sesuai dengan etika dan  moral.

Ketiga, meminta pihak sekolah membuat edaran yang ditujukan kepada orangtua atau wali murid untuk mengawasi  putra-putrinya. Yaitu agar tidak melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri dan masa depannya.

Terakhir, imbauan agar peserta didik diarahkan untuk melaksanakan kegiatan positif dan tetap dalam pengawasan pihak sekolah.* Rizky Kurnia Syah

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

kerumunan polri

Pengacara IA: Ada Upaya Perbuatan Mulia Ditarik-tarik Supaya Jahat

Indonesia Menanti Kerja Sama Bisnis Investor Timteng

Indonesia Menanti Kerja Sama Bisnis Investor Timteng

Syeikh Ali Jaber Meninggal Dunia di RS Yarsi

Syeikh Ali Jaber Meninggal Dunia di RS Yarsi

Kasus Penusukan Syekh Ali Jaber, Polisi Diminta Tidak Buru-buru Simpulkan Tersangka Orang Gila

Kasus Penusukan Syekh Ali Jaber, Polisi Diminta Tidak Buru-buru Simpulkan Tersangka Orang Gila

Umat Mulai Kecewa Rencana Aparat Mengawasi Dakwah

Umat Mulai Kecewa Rencana Aparat Mengawasi Dakwah

Baca Juga

Berita Lainnya