Senin, 29 Maret 2021 / 15 Sya'ban 1442 H

Nasional

Fatwa MUI Kota Batu: Umat Islam Haram Rayakan Valentine’s Day

ANT
[Ilustrasi] Para Muslimah menolak acara Valentine's Day
Bagikan:

Hidayatullah.com– Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batu, Jawa Timur, mengeluarkan fatwa haram merayakan Valentine’s Day bagi setiap Muslim. Fatwa ini dilatarbelakangi maraknya kemaksiatan yang terjadi pada setiap 14 Februari atau menjelang tanggal peringatan itu.

“Karena banyak kegiatan-kegiatan yang menjurus kepada maksiat. Seperti tahun lalu, banyak hotel yang mengadakan promo diskon hingga 50 persen, yang kaitannya dengan muda-mudi saat perayaan Valentine’s Day,” ujar Sekretaris MUI Kota Batu, Achmad Jaiz, ketika dihubungi hidayatullah.com, Selasa (09/02/2016).

Jaiz menjelaskan bahwa pertimbangan dikeluarkannya fatwa itu karena memang bagi seorang Muslim-Muslimah dilarang ber-tasyabbuh (mengikuti perayaan non-Islam).

Selain itu, perayaan tersebut juga berpotensi kepada aktivitas maksiat.

“Pertimbangannya pada aspek maslahah (kebaikan) itu, karena memang hal tersebut merupakan budaya di luar Islam,” jelasnya.

Kata Jaiz, fatwa bernomor 01/FTW-MUI-Kt/I/2015 yang diterbitkan pada 2 Februari 2015 itu diedarkan ke berbagai hotel, tempat wisata, sekolah dan instansi pemerintah.

“Untuk tahun ini, juga kita kirimi ke Diknas Pendidikan, yang mana harapan kita nanti bisa ditindaklanjuti ke sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan. Dan juga kita tembusi ke walikota dan anggota dewan,” paparnya.

“Kita tidak mengedarkan kembali fatwanya tapi kita lebih memperkuat bahwa kita sudah mengeluarkan fatwa itu,” lanjut Jaiz.

Ia mengungkapkan bahwa masyarakat merespon dengan baik fatwa yang dikeluarkan oleh MUI tersebut.

“Ini juga sebagai bentuk tanggungjawab para ulama dan tokoh masyarakat terhadap masyarakat itu sendiri. Demi membentengi masyarakat dari pengaruh yang tidak baik,” ungkapnya.

Ia berharap, semua pihak bisa mengetahui fatwa itu. Lalu bisa memberikan pengawasan yang baik kepada putra-putri mereka.

“Dan mudah-mudahan tahun ini tidak ada (perayaan Valentine’s Day. Red) seperti tahun kemarin,” tutupnya.* Yahya G Nasrullah

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Infeksi Corona Terus Meningkat, Wapres Minta Masyarakat Bersungguh-sungguh  Patuhi Protokol Kesehatan

Infeksi Corona Terus Meningkat, Wapres Minta Masyarakat Bersungguh-sungguh Patuhi Protokol Kesehatan

Massa Pemuda Pancasila Datang, Sidang Vonis Murtadin Ayung Sempat Ricuh

Massa Pemuda Pancasila Datang, Sidang Vonis Murtadin Ayung Sempat Ricuh

Abubakar Ba’asyir Kembali Walk Out di Persidangan

Abubakar Ba’asyir Kembali Walk Out di Persidangan

Bela Viktor, Partai NasDem Memutuskan Tidak Minta Maaf

Bela Viktor, Partai NasDem Memutuskan Tidak Minta Maaf

Dahnil: Temukan Kekuatan Indonesia, Jangan Fokus Kelemahannya

Dahnil: Temukan Kekuatan Indonesia, Jangan Fokus Kelemahannya

Baca Juga

Berita Lainnya