Senin, 5 Juli 2021 / 25 Zulqa'dah 1442 H

Nasional

Innalillah… Dua Ketua MUI Sorong dan Kalsel Meninggal Dunia

Antaranews - Dok. PosDai/Hidayatullah.com
H Ahmad Makkie dan H Anderson Meage (kanan).
Bagikan:

Hidayatullah.comInnalillahi wa inna ilaihi rojiun. Majelis Ulama Indonesia (MUI) dirundung kabar duka. Dua ketua perwakilannya di Kabupaten Sorong, Papua Barat dan di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berpulang ke Rahmatullah.

Ketua MUI Sorong, H Achmad Anderson Meage, SPdi, MPd, wafat di RS Sele Be Solu, Ahad, 21 Rabiuts Tsani 1437 (31/01/2016). Pria kelahiran Wamena, 5 Desember 1979 ini meninggal dunia saat akan berdakwah.

Pria yang juga Ketua Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB) Sorong ini menghembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 16.00 WIT.

Informasi yang dihimpun media ini, kepergian Anderson Meage mengundang simpati segenap masyarakat Sorong. Ribuan orang bertakziyah ke kediamannya di SP 3 Kelurahan Makbusun, Distrik Salawati.

“Beliau dimakamkan di pemakaman Muslim Mariayai SP 2, Sorong, pukul 14.25 WIT, Senin (01/02/2016),” ujar kontributor hidayatullah.com di Sorong, Miftahuddin.

Miftahuddin mengatakan, ribuan masyarakat Sorong berbondong-bondong mengantar almarhum ke peristirahatan terakhirnya di dunia.

“Banyak banget yang mengantar, masyarakat dan pejabat. Orang Muslim yang dari pedalaman juga datang,” ujarnya yang turut menghadiri pemakaman itu.

Menurut Kepala Distrik Salawati, Adi Bremantyo, Ahad siang itu, Anderson Meage akan mengisi pengajian di Klafdalim. “Namun karena kondisinya yang kurang sehat, almarhum dibawa ke RS,” ujarnya dikutip media lokal, Radar Sorong, Senin.

Rais Suriah PCNU Sorong, Ahmad Sutedjo, dikutip situs nu.or.id, mengatakan, sebelum dibawa ke rumah sakit Anderson Meage sempat pingsan.

Kabar duka lainnya, Ketua MUI Kalsel, H Ahmad Makkie, BA (77) wafat pada Rabu (27/01/2016) sekitar pukul 15.10 WITA.

Dari keterangan anak almarhum, H Haris Makkie, Ahmad Makkie meninggal dalam kondisi menderita penyakit asma. Ia berpulang di kediamannya, Jl Cempaka Sari II, Kompleks Gunung Sari Ujung, Banjarmasin, Kalsel.

“Ayah sempat dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin selama 12 hari, setelah tiga hari pulang kerumah beliau wafat,” ujar Haris dikutip Antara, Rabu.

Ahmad Makkie dikebumikan di lingkungan pesantren Pesantren Tahfiz Al-Qur’an Al Waladi, Desa Lok Besar Birayang, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Sementara itu, dunia pendidikan turut berduka. H Sony Sugema (51), pendiri praktisi pendidikan bimbingan belajar Sony Sugema College (SSC), berpulang pada Ahad dini hari (31/01/2016). Seperti diberitakan hidayatullah.com sebelumnya, Pegiat Aqsa Working Group Sony Sugema Wafat.

Putra Papua Peduli Islam

Anderson Meage selama ini dikenal punya kepedulian sangat besar terhadap Islam. Ia pernah bertekad menjadikan Sorong berpenduduk mayoritas Muslim.

“Kalau Manokwari bisa dijuluki Kota Injil, saya ingin masyarakat Sorong mayoritas memeluk Islam,” ujarnya seperti dimuat majalah Suara Hidayatullah edisi September 2015.

Sejak menjadi Ketua MUI Sorong lima tahun silam, banyak orang Islam di sini dan daerah Papua lainnya menyukai sosok Anderson. Bahkan, umat lain pun segan pada dirinya.

Semasa hidup, ia juga pengurus Pondok Pesantren Nurul Yaqin (Makbusun) dan Kepala Sekolah MTsN Model Mariyai (SP 2). Anderson Meage meninggalkan 4 anak dari satu istri.

Sementara Ahmad Makkie, semasa hidup dikenal sebagai salah satu putra terbaik Kalsel. Sejumlah jabatan penting pernah diembannya. Antara lain sebagai Bupati Tapin, Kalsel, periode 1983-1993 dan anggota DPD RI (2004-2009).*

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

KH. Didin: Pemerintah Perlu Buat Daftar Penyelesaian Masalah

KH. Didin: Pemerintah Perlu Buat Daftar Penyelesaian Masalah

Fenomena Internet, Sekolah hanya Tempat Makan Siang

Fenomena Internet, Sekolah hanya Tempat Makan Siang

Ratusan Mualaf Mentawai Butuh Mukena

Ratusan Mualaf Mentawai Butuh Mukena

Pengalaman Luar Biasa Fahira Idris Ikut Aksi 212

Pengalaman Luar Biasa Fahira Idris Ikut Aksi 212

ACN: Konsensus Seksual dalam RUU P-KS Mencederai UU Perkawinan

ACN: Konsensus Seksual dalam RUU P-KS Mencederai UU Perkawinan

Baca Juga

Berita Lainnya