Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Pergantian Tahun, MUI Padang Ajak Umat Tabligh Zikir, Bukan Maksiat

Ketua MUI Padang Prof.Dr.H.Duski Samad
Bagikan:

Hidayatullah.com-Mencermati pergantian tahun baru Masehi yang setiap tahunnya diperingati oleh sebagian anggota masyarakat dengan acara berhura-hura, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang, provinsi Sumatra Barat,  mengajak umat melaksanakan  zikir dan Tabligh Akbar.

Demikian disampaikan Ketua MUI Padang Prof.Dr.H.Duski Samad,  dan Sekum H. Maigus Nasir,  dalam rilis pers kepada hidayatullah.com, Jumat, (17/12/2015).

“Untuk itu diminta agar ulama, mubaligh, ustadz, pimpinan organisasi sosial keagamaan, pengurus masjid, dan tokoh umat agar membimbing umat melakukan kegiatan keagamaan berupa tabligh akbar sebagai upaya penguatan perbaikan akhlak dan moral umat,” ujarnya.

Menurut MUI, menyambut tahun baru Masehi 2016 dihimbau agar dilakukan dengan cara-cara yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai ajaran Islam, norma hukum dan dan bernilai manfaat bagi diri, keluarga dan masyarakat luas.

Kebiasaan menyambut pergantian tahun Masehi dengan bergadang malam menanti pukul nol-nol, pergaulan bebas,  dan perbuatan melanggar nilai-nilai ajaran Islam, harus ditinggalkan.

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.” ujar Prof Duski  mengingatkan makna  QS. Ali Imran, 110.

MUI  Padang  juga  mendesak  pengelola tempat wisata, hotel, tempat hiburan, pemandian umum, dan tempat-tempat yang dikunjungi masyarakat untuk menyediakan situasi dan kondisi nyaman, terbuka, tidak mengundang timbulnya perilaku menyimpang  dan tidak menyediakan tempat hiburan yang berpotensi menimbulkan maksiat, keonaran, dan perbuatan melanggar hukum.

“Kepada Pemerintah Kota Padang, Kepala Kepolisian Kota Padang, dan aparat penegak hukum, MUI dan  semua komponen umat mendukung untuk dengan tegas menegakkan dan menjalankan peraturan daerah dan peraturan perundangan yang menjamin terlaksanakanya ketertiban hukum,  sosial dan masyarakat terutama sekali dalam menghadapi pergantian tahun baru Masehi,” tegasnya.*

 

 

Rep: D. Nurja
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

2 WNI Terpapar Virus Corona di Depok, Presiden Imbau Jaga Kebersihan

2 WNI Terpapar Virus Corona di Depok, Presiden Imbau Jaga Kebersihan

Muslimah KAMMI: Stop Eksploitasi Perempuan dalam Industri Film dan Hiburan

Muslimah KAMMI: Stop Eksploitasi Perempuan dalam Industri Film dan Hiburan

Surat Suara Tercoblos di Malaysia Noda Demokrasi

Surat Suara Tercoblos di Malaysia Noda Demokrasi

Hidayatullah Pekan Baru Terbakar

Hidayatullah Pekan Baru Terbakar

Susahnya Muslim Papua Mendirikan Tempat Ibadah

Susahnya Muslim Papua Mendirikan Tempat Ibadah

Baca Juga

Berita Lainnya