PDI-P dan Partai Komunis China Tindak Lanjuti Kerjasama Bangun “Rumah Soekarno”

Pembangunan Rumah Soekarno di Tiongkok dinilai bukti nyata akrabnya PDIP dengan Partai Komunis Tiongkok atau Indonesia dan Tiongkok

PDI-P dan Partai Komunis China Tindak Lanjuti Kerjasama Bangun “Rumah Soekarno”
photo.sindonews.com
Andreas Hugo Pareira (dua kiri) bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (dua kanan) dan Wakil Sekjen PDI P Ahmad Basarah (kanan) memberikan cinderamata pada Delegasi Shenzhen yang dipimpin Komite Tetap Partai Komunis Kota Shenzhen Tian Fu (kiri) usai melakukan pertemuan di Kantor DPP PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (24/11/201)

Terkait

Hidayatullah.com– Delegasi Partai Komunis Tiongkok dari Kota Shenzhen mendatangi kantor DPP PDI Perjuangan di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat hari Selasa (24/11/2015) guna membahas pembangunan Rumah Soekarno (Soekarno House) di Kota Shenzhen, Tiongkok.

Kehadiran mereka sebagai kunjungan balasan atas lawatan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri saat peletakan batu pertama gedung Pusat Kerja Sama Indonesia-Tiongkok yang dinamai Rumah Soekarno di Qin Hai, Shenzhen pada 12 Oktober lalu.

Pimpinan delegasi dari Shenzhen, Tian Fu dalam pertemuan itu menyebut Soekarno House akan membuat hubungan Indonesia dan Tiongkok semakin erat. Menurutnya, eratnya hubungan kedua negara akan berbuah positif bagi proses pembangunan.

“Rumah Soekarno ini akan menjadi pilar yang akan memperkokoh dan mempererat kerja sama bilateral. Jadi kami akan membantu sebisa kami untuk mewujudkan hal ini,” kata Fu dalam Bahasa Tiongkok sebagaimana diterjemahkan interpreter dikutip JPNN, Selasa (24/11/2015)

Dalam kesempatan itu Fu dan delegasi PKT Shenzhen disambut Ketua DPP PDIP Bidang Hubungan Luar Negeri, Andreas Pareira dan beberapa pengurus teras lainnya. Antara lain Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah dan kader PDIP yang juga Wakil Gubernur DKI Djator S Hidayat.

Andreas saat menyampaikan kata sambutan mengatakan, Soekarno House di Shenzhen menjaid bukti nyata akrabnya PDIP dengan PKT ataupun Indonesia dan Tiongkok. “Ini dapat menjadi jalinan utuh bagi kedua partai yang sama-sama memiliki tujuan untuk membangun kerjasama dari berbagai lini,” katanya.

Sebelumnya, bulan Oktober 2015, presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri sudah melakukan peletakan batu pertama gedung yang disebut Pusat Kerja Sama Indonesia-Tiongkok yang terletak di wilayah Qin Hai Distrik Shenzhen.

Saat memberikan sambutan, Megawati menyatakan bahwa peresmian Rumah Soekarno di China menjadi penegas eratnya hubungan kedua negara. Selain itu, putri Bung Karno ini juga menyatakan bahwa peresmian rumah tersebut memberikan kebanggaan untuk seluruh keluarga besar Bung Karno.

“Memiliki makna yang mendalam serta melambangkan betapa eratnya hubungan bilateral kedua bangsa dan negara Indonesia-Tiongkok,” kata Megawati dikutip Kompas.

Saat peresmian, Megawati didampingi Direktur China Institute Inovation Strategic (CIIDS) Zhang Bijian. Hadir juga dalam acara tersebut Komite Tetap PKT wilayah Schenzhen, Direktur Pengembangan Free Trade Zone Du Peng, Dubes Indonesia untuk RRT Sugeng Raharjo, dan Konsulat Jenderal Ratu Sylvi Gayatri.

Beberapa politisi PDI-P juga turut mendampingi Megawati, di antaranya Ketua DPP PDI-P Andreas Pareira dan Rokhmin Damhuri, serta mantan Dubes Indonesia untuk Tiongkok Imron Cotan.

Sementara itu, delegasi Tiongkok, Tian Fu dalam kunjunganya di Jakarta kemarin disambut Ketua DPP PDIP Bidang Hubungan Luar Negeri, Andreas Pareira dan beberapa pengurus teras PDI lainnya. Antara lain Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah dan kader PDIP yang juga Wakil Gubernur DKI Djator S Hidayat.

Andreas saat menyampaikan kata sambutan mengatakan, Soekarno House di Shenzhen menjaid bukti nyata akrabnya PDIP dengan PKT ataupun Indonesia dan Tiongkok.

“Ini dapat menjadi jalinan utuh bagi kedua partai yang sama-sama memiliki tujuan untuk membangun kerjasama dari berbagai lini,” katanya.*

Rep: Anton R

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !