Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

HiTC Gelar Training Kepemimpinan Kepala Sekolah Hidayatullah se-Indonesia

muh. abdus syakur/hidayatullah.com
Pelatihan Kepemimpinan Kepala Sekolah Angkatan I HiTC di Depok
Bagikan:

Hidayatullah.com- Hidayatullah Training Center (HiTC) menggelar training kepemimpinan Kepala Sekolah Lembaga Pendidikan Hidayatullah se-Indonesia di Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatullah Depok mulai 4 sampai 9 Oktober 2015.

Training dengan tema “Membangun Komitmen dan Kompetensi Kader” ini adalah training angkatan kedua yang merupakan program kemitraan antara HiTC dengan Departemen Lembaga Pendidikan Hidayatullah.

Mewakili Direktur HiTC, Hasan Rofidi mengatakan bahwa HiTC telah berhasil melaksanakan 8 angkatan training kepemimpinan untuk pejabat struktural Hidayatullah, Baitul Mall Hidayatullah (BMH), serta training untuk para murobbi.

“Untuk training kali ini membahas layanan terhadap para pengemban amanah pendidikan di Hidayatullah. Materi training seperti penguatan manhaj, sistem kepemimpinan, kultur dan terkait tugas kepemimpinan sekolah,” ujar Hasan saat memberikan sambutan.

Sementara, Abu A’la Abdullah saat membuka training, menuturkan bahwa sekolah merupakan aset lembaga. Sebab sekolah merupakan pusat Sumber Daya Insani (SDI) dan aktualisasi mengejawantahkan mainstream dakwah tarbiyah yang nyata sehingga posisi kepala sekolah itu sentral dan tugas mulia.

“Posisi sentralnya karena sekolah merupakan proyek ideologis melahirkan generasi pelanjut estafet penyebar risalah Islam ke masyarakat,” imbuhnya.

Menurut Abu seorang kepala sekolah harus tampil menjadi contoh dalam spirit, akhlak, ketaatan dalam syariat serta kepemimpinan bagi guru dan murid-muridnya.

“Itulah hidden kurikulum yang harus dimiliki oleh kepala sekolah,” tuturnya.

Lebih lanjut lagi, Abu mengatakan sekolah-sekolah di Hidayatullah harus berorientasi pada kepemimpinan dan pengkaderan. Sehingga sekolah bisa menjadi kekuatan untuk rekrutmen kader pewaris perjuangan pendahulu dan sekaligus menjadi jaringan dakwah.

“Kepala sekolah mentransfer fikrah perjuangan Islam kepada semua guru, murid, orangtua dan stakeholder,” katanya.

Abu menambahkan Hidayatullah harus belajar dari ormas lain yang produk dan sistem pendidikannya larut dengan pragmatis. Sehingga training ini diadakan dalam rangka untuk menyamakan sebuah persepsi, idealisme dan karakter sebagai pengemban amanah.

HiTC sendiri merupakan sebuah lembaga pelatihan yang dibentuk secara khusus untuk melahirkan Sumber Daya Insani (SDI) yang unggul dan terdidik. Sehingga diharapkan bisa meningkatkan kompetensi, kapasitas dan komitmen SDI untuk membangun peradaban Islam.*

Rep: Achmad Fazeri
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Fadli Zon sebut Kritikannya Harus Lebih Kritis dari yang lain

Fadli Zon sebut Kritikannya Harus Lebih Kritis dari yang lain

Permohonan praperadilan Habib Rizieq

Habib Rizieq Ditahan Polisi Selama 20 Hari

Panitia akan Undang Ernest Prakasa di Acara Zakir Naik

Panitia akan Undang Ernest Prakasa di Acara Zakir Naik

Kemenkominfo: Penanganan YouTube Mudah Dibanding Vimeo

Kemenkominfo: Penanganan YouTube Mudah Dibanding Vimeo

Credit-Card Buat Masyarakat Terjangkit Konsumerisme Akut

Credit-Card Buat Masyarakat Terjangkit Konsumerisme Akut

Baca Juga

Berita Lainnya