Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Rumah Dakwah Riau Salurkan Qurban untuk Muallaf Suku Akit Kepulauan Meranti

Muhammad Hidayat/hidayatullah.com
rombongan berangkat menggunakan speedboat pada Jumat (25/09) dan kembali Ahad (27/09)
Bagikan:

Hidayatullah.com–Bekerjasama dengan Yayasan Fitrah Madani Meranti, pada Sabtu, 26 September 2015,  jamaah lintas masjid di Pekanbaru menyembelih 77 ekor domba disalurkan untuk masyarakat muallaf Suku Akit di pedalaman Kepulauan Meranti.

Domba  disebar ke 15 titik perkampungan, diantaranya Desa Sonde, Sokop, Tanjung Kedabu, Keridi, Banau dan Sungai Pulau. Pemotongan hewan qurban disaksikan langsung oleh rombongan Relawan Rumah Dakwah Riau yang datang dari Pekanbaru.

Koordinator relawan, Husin Albanni kepada hidayatullah.com mengungkapkan bahwa pemotongan ini sebagai bentuk kepedulian masyarakat Pekanbaru terhadap dakwah di pedalaman.

“Ini adalah tahun ketiga kita berqurban di sini. Di Meranti, setidaknya ada 30 titik perkampungan yang masyarakatnya masih meyakini animisme, percaya kepada pohon, batu dan benda lainnya.

Alhamdulillah atas dakwah kita bersama, bekerjasama dengan Yayasan Fitrah Madani, sebagiannya sudah memeluk Islam. Dan ibadah qurban ini adalah salah satu bentuk kepedulian kita,” ujarnya.

Ia menambahkan, jamaah di Pekanbaru sangat antusias menyerahkan bantuan untuk Suku Akit.

“Secara berkala, kita dari Pekanbaru selalu mengirimkan bantuan berupa sembako, pakaian, atau keperluan sekolah untuk anak-anak. Jamaah dari berbagai masjid, seperti Masjid Al-Falah, Masjid Agung An-Nuur, Masjid Raya Pekanbaru yang dibimbing oleh Ustaz Dr. Musthafa Umar, Lc. MA bersemangat untuk menyerahkan bantuan. Dan kita hadir ke Meranti untuk menyaksikan secara langsung penyalurannya,” tambahnya.

Dijelaskan oleh Husin, rombongan dari Pekanbaru sejumlah 9 orang berangkat menggunakan speedboat pada Jumat (25/09/2015) dan kembali Ahad (27/09/2015).

“Banyak pengalaman yang bisa kita dapatkan dari perjalanan ini. Diantaranya agar kita bersatu sesama muslim, dan memperhatikan saudara-saudara kita di pedalaman, tidak hanya di Meranti tapi dimana saja. Ini adalah salah satu fokus dakwah kita.”

qurban pedalaman Riau1

Sebanyak 77 ekor domba disalurkan untuk masyarakat muallaf Suku Akit di pedalaman Kepulauan Meranti, Riau

Sementara itu, ketua Yayasan Fitrah Madani Meranti, Ustaz Ahmad Fauzi mengungkapkan syukur dan terima kasih kepada masyarakat yang telah berperan aktif membantu dakwah di pedalaman Meranti khususnya.

Dalam perjalanan ke Dusun Tanjung Kedabu, ikut serta kontributor hidayatullah.com, Abu Umar. Rombongan disambut dan dijamu makan siang oleh Poniman, Kepala Dusun Tanjung Kedabu.

“Mudah-mudahan tahun depan ada lagi qurbannya, dan lebih banyak lagi,” ujarnya.*

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Rakernas MUI Tuntut Hukuman Mati Bagi Koruptor

Rakernas MUI Tuntut Hukuman Mati Bagi Koruptor

Jumat-Ahad, Salimah Gelar Lokakarya Peningkatan Kualitas Perempuan Indonesia

Jumat-Ahad, Salimah Gelar Lokakarya Peningkatan Kualitas Perempuan Indonesia

PP Al-Irsyad Al-Islamiyah Minta Polisi Berlaku Persuasif dalam “Aksi Bela Islam” 4 November

PP Al-Irsyad Al-Islamiyah Minta Polisi Berlaku Persuasif dalam “Aksi Bela Islam” 4 November

Harga Sembako Naik, DPR: Pemerintah Harus Antisipatif

Harga Sembako Naik, DPR: Pemerintah Harus Antisipatif

MUI: BPJS Kesehatan Siap Jalankan Prinsip Syariah

MUI: BPJS Kesehatan Siap Jalankan Prinsip Syariah

Baca Juga

Berita Lainnya