Dompet Dakwah Media

Rekomendasi Muktamar Muhammadiyah ke-47

Muhammadiyah Dorong Penyatuan Kalender Islam Internasional

Perbedaan di tubuh umat Islam seringkali menyebabkan perbedaan penentuan awal Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha.

Muhammadiyah Dorong Penyatuan Kalender Islam Internasional
m=
Suasana Muktamar Muhammadiyah di Makassar

Terkait

Hidayatullah.com– Kaum Muslimin se-dunia penting untuk memiliki satu kalender Islam rujukan. Hal ini tertuang pada salah satu poin rekomendasi Muktamar Muhammadiyah ke-47 yang berlangsung di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Muhammadiyah memandang perlu untuk adanya upaya penyatuan kalender hijriyah yang berlaku secara internasional,” demikian bunyi penggalan rekomendasinya, dikutip hidayatullah.com, Sabtu (08/08/2015).

Dengan penyatuan kalender ini, Muhammadiyah menilai dapat memberikan kepastian dan dapat dijadikan kalender transaksi.

“Penyatuan kalender Islam tersebut meniscayakan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi,” bunyi penggalan berikutnya.

Muhammadiyah merekomendasikan itu atas kenyataan adanya berbagai perbedaan di tubuh umat Islam. Baik perbedaan negara maupun kelompok apapun dalam suatu negara.

Menurut Muhammadiyah, “Perbedaan negara dan golongan seringkali menyebabkan perbedaan dalam penentuan kalender, terutama dalam penentuan awal Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha.” [Baca juga:Muhammadiyah Kritisi Kelompok yang Hakimi dengan Tuduhan Sesat dan Liberal]*

Rep: Muhammad Abdus Syakur

Editor: Cholis Akbar

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !