Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Disiapkan 20 Bilik untuk Memilih 13 Pengurus PP Muhamamdiyah

Bagikan:

Hidayatullah.com–Panitia Muktamar Muhammadiyah ke-47 menyediakan 20 bilik suara dan 10 kotak suara bagi 2.568 pemilih. Seluruh muktamirin hari Rabu (5/8/2015) ini akan memilih 13 calon pengurus PP Muhammadiyah dari 39 nama yang terdapat pada kotak suara.

Setelah proses pemilihan berlangsung, panitia akan melakukan penghitungan secara online pada malam hari. Dalam proses penghitungan, ada 15 unit komputer yang telah disediakan pihak panitia.

“Pemilihan akan dilakukan secara manual. Akan tetapi, penghitungan suaranya dilakukan secara elektronik,” kata Ketua Panitia Pemilihan Muktamar Dahlan Rais di lokasi Muktamar Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Makassar.

“Setiap komputer akan ditunggu tiga orang, penginput data, saksi, dan seorang dari panitia. Saya harap tidak ada kendala listrik,” ujarnya.

Teknis pemilihan, kata Dahlan, dilakukan dengan memanggil peserta secara berurutan, mulai dari Provinsi Aceh hingga Papua, untuk memberikan hak suaranya di bilik suara.

Pada setiap provinsi, kata dia, akan dipanggil peserta dari setiap kabupaten dan kota di provinsi tersebut untuk memberikan hak suara.

“Agar pemilihan dapat berjalan cepat, kami menyediakan 20 bilik pemilihan. Di setiap bilik pemilihan, disediakan tiga komputer untuk mengentri data yang dikerjakan oleh mahasiswa,” katanya.

Menurut dia, ke-39 nama calon pengurus PP Muhammadiyah itu diurutkan berdasarkan alfabetis untuk dipilih oleh peserta muktamar. Dan agar peserta lebih memahami figur 39 nama anggota tetap Muhammadiyah, disebarkan buku biodata yang berisi profil 39 nama calon pengurus PP Muhammadiyah untuk dipelajari.

“Tata tertib tata cara pemilihan ini sudah diputuskan pada rapat Tanwir tahun lalu sehingga sudah final,” katanya.*

Rep: Insan Kamil
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Tips Mudah Menghafal Al-Qur’an dengan “Metode Cinta”

Tips Mudah Menghafal Al-Qur’an dengan “Metode Cinta”

Fatwa MUI dan Pergub Direstui NU dan Muhammadiyah

Fatwa MUI dan Pergub Direstui NU dan Muhammadiyah

Ayat-ayat Cinta”  Raih Penghargaan Muri

Ayat-ayat Cinta” Raih Penghargaan Muri

Pertama di Dunia, Kerja Bakti Sebagai Mata Kuliah

Pertama di Dunia, Kerja Bakti Sebagai Mata Kuliah

Felix Siauw: Menulis adalah Sarana Berdakwah

Felix Siauw: Menulis adalah Sarana Berdakwah

Baca Juga

Berita Lainnya