Sabtu, 29 Januari 2022 / 25 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

Empat Langkah Mendidik Anak Shalih

Channel Muslim
Wirianingsih saat menjadi pembicara dalam talkshow Ramadhan with Love.
Bagikan:

Hidayatullah.com–Wirianingsih, ibu sebelas anak hafiz Qur’an mengatakan, dalam mendidik anak, para orangtua semestinya mencontoh apa yang dilakukan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

“Nabi mewasiatkan kepada umatnya agar mendidik anak dengan empat langkah,” kata Wirianingsih saat menjadi pembicara dalam peluncuran chanelmuslim.com dan talkshow Ramadhan with Love yang diselenggarakan di Jakarta Islamic School (JISc).

Pertama, bukalah hari anak-anak kita dengan kalimat Tauhid. “Setiap hari kita memperkenalkan anak kita dengan kalimat laa ilaaha illallaah. Sambil menggendong kita lantunkan kalimat tauhid,” jelas Wirianingsih.

Kedua, menceritakan kisah-kisah teladan orang beriman terdahulu. Misalnya kisah para Nabi maupun sahabat. Dengan demikian, kata Wirianingsih, anak akan terinspirasi dari sosok-sosok teladan tersebut.

Selanjutnya, memperkenalkan dan mengajarkannya al-Qur’an. “Sejak dari kandungan dibacakan ayat-ayat al-Qur’an akan membuat si anak terlindungi dari segala khadam,” kata Wirianingsih.

Dan yang terakhir, ajarkanlah anak untuk cinta kepada para sahabat Nabi. “Jangan hanya sahabat tertentu saja yang dicintai. Tetapi seluruh sahabat harus dicintai,” terang Wirianingsih, Ahad (28/6/2015) sore.

Wirianingsih mengaku, empat langkah inilah yang dilakukan dirinya bersama suami dalam mendidik kesebelas buah hati hingga menjadi hafiz.*

Rep: Ibnu Sumari
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

FUUI: Tak Aneh Jalal Masuk PDI-P,  tapi Umat Islam Perlu Waspada!

FUUI: Tak Aneh Jalal Masuk PDI-P, tapi Umat Islam Perlu Waspada!

Mensos: Norma Agama Tetap Harus Menjadi Basis Regulasi Kehidupan

Mensos: Norma Agama Tetap Harus Menjadi Basis Regulasi Kehidupan

unlawful killing fpi

Berkas Lengkap, Pengadilan akan Segera Gelar Sidang Unlawful Killing 6 Laskar FPI

Miftachul Akhyar

Ketua Umum MUI Miftachul Akhyar Alami Kecelakaan, Saat ini Dirawat di RSUD Salatiga

Ahli hukum: Mengibarkan Bendera Tauhid Tak Melanggar Hukum

Ahli hukum: Mengibarkan Bendera Tauhid Tak Melanggar Hukum

Baca Juga

Berita Lainnya