Sabtu, 4 Desember 2021 / 28 Rabiul Akhir 1443 H

Nasional

Sebagai Negara Big Brother, Sudah Seharusnya Indonesia Bantu Rohingya

muh. abdus syakur/hidayatullah.com
Wakil Ketua DPR RI saat mengunjungi pengungsi Rohingya di Langsa, Aceh
Bagikan:

Hidayatullh.com- Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan sebagai negara besar yang juga dianggap big brother di tingkat ASEAN, sudah seharusnya Indonesia siap menerima kedatangan para pengungsi muslim Rohingya yang membutuhkan bantuan, perlindungan dan sebagainya.

“Kita harus siap menghadapi hal-hal seperti itu, jangan cuma melihatnya dari sisi anggaran. Kita ini adalah negara besar yang sudah menjadi big brother di tingkat ASEAN. Jadi sudah seharusnya jika kita menerima dan membantu mereka (para pengunsi Rohingya.red),” kata Fadli Zon kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya di Gedung Nusantara III DPR RI, Jakarta.

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat menanggapi pertanyaan wartawan terkait dengan sikap salah satu badan pemerintah yang mempermasalahkan soal anggaran untuk pembiayaan para pengungsi muslim Rohingya.

Selain itu, Fadli Zon juga menyatakan apresiasinya kepada masyarakat Aceh yang telah berupaya keras memberi bantuan pada para pengungsi Muslim Rohingya yang terdampar di pantai utara Aceh beberapa waktu yang lalu.

“Saya kemarin berkunjung ke lokasi pengunsia muslim Rohingya di Aceh. Dan saya melihat masyarakat Aceh luar biasa antusiasnya sehingga saya kira kita bisa memberikan sebuah penghargaan,” ungkap Fadli Zon.

Fadli Zon juga menegaskan kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) agar bersikap tegas sebagai sebuah diplomasi tegas terhadap masalah pengungsi Muslim Rohingya.

“Kita harus perlakukan pengungsi Rohingya yang sudah ada di Indonesia dengan baik. Kita berikan bantuan kemanusiaan yang layak. Kalau yang sakit diobati, dan lain-lain. Nah, untuk yang pengungsi Bangladesh saya kira sudah tepat agar dideportasi. Namun, untuk pengunsi Rohingya itu spesial case, apakah nanti mereka ditampung sementara di suatu pulau seperti di Pulang Galang waktu dulu pemerintah menampung pengungsi dari Vietman,” pungkas Fadli Zon.*

Rep: Ibnu Sumari
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Ali Marwan Bantah PPP Tolak Presiden Wanita

Ali Marwan Bantah PPP Tolak Presiden Wanita

Keluarga Surya Ucapkan Terima Kasih ke Kemlu

Keluarga Surya Ucapkan Terima Kasih ke Kemlu

Din Ingatkan Elite Parpol Jangan Hanya Berorientasi Kekuasaan

Din Ingatkan Elite Parpol Jangan Hanya Berorientasi Kekuasaan

Anggota Dewan, Suarakan Sikap terkait Bendera Bertuliskan ‘Tauhid’ di Sidang Paripurna

Anggota Dewan, Suarakan Sikap terkait Bendera Bertuliskan ‘Tauhid’ di Sidang Paripurna

Sumatera Barat  Dibanjiri Aliran Sesat

Sumatera Barat Dibanjiri Aliran Sesat

Baca Juga

Berita Lainnya