Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

[video] Setelah Cengkok Jawa, Netizen Dikagetkan Video Paduan Suara Campur Bacaan Al-Quran

Youtube
konser Batavia Madrigal Singers bertajuk Sanguinis Choraliensis membacakan Surat Al Hujurat diiringi musik
Bagikan:

Hidayatullah.com–Setelah sebelumnya masyarakat Muslim Indonesia dikagetkan dengan bacaan Al Qur’an dengan cengkok (langgam) Jawa di Istana Negara pada peringatan Isra’ Miraj, kini beredar video paduan suara dengan dicampur bacaan Al-Qur’an.

Umumnya netizen mengaku kaget dan tidak sedikit yang menyatakan keprihatinan atas perlakuan terhadap kutipan-kutipan ayat suci Al Qur’an tersebut.

“Mereka inilah yang barangkali dimaksudkan oleh Rasulullah sebagai telah mengekor kepada pihak ahli Kitab kemanapun mereka pergi bahkan sampai ke lubang biawak sekalipun,” tulis Ikhwan Nurdin yang pertama merilis video ini melalui akun Facebook-nya dikutip hidayatullah.com, Rabu (20/05/2015).

Ikhwan Nuridn lalu mengutip Sabda Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang berbunyi:

“Kamu akan mengikuti perilaku orang-orang sebelum kamu sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta, sehingga kalau mereka masuk ke lubang biawak pun kamu ikut memasukinya.” Para sahabat lantas bertanya, “Apakah yang anda maksud orang-orang Yahudi dan Nasrani, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Siapa lagi (kalau bukan mereka)?”.

Ikhwan Nuridin mengaku tidak tahu di mana paduan suara itu dilakukan. Sebab dari pakaian yang dikenakan para ensembel yang mengiringi “lagu” paduan suara diiringi pembacaan Al Qur’an tersebut.

“Saya tidak tahu ini Muslim di gereja, atau ini semua non Muslim, atau Muslim di mesjid,” imbuhnya.

Umumnya netizen yang menyaksikan video tersebut menuliskan keprihatinnya. Salah satunya dinyatakan akun yang bernama Abdul Rohman Al Faqir.

“… intinya memang benar-benar sudah kebablasan,” tulisnya.

Ada pula yang hanya menulis status pendek seperti Rifan Muazin, “Inna Lillaahi Wa Inna Ilaihi Rojiun. Musibah. Musibah”.

Senada dengan itu, akun lainnya, Hernu Tanumarga Satrio, menulis, “Ini baca Qur’an pakai choir, ya? Buset kaya di gereja aja, tapi ini tempatnya kaya di gedung opera deh, atau teater musik gitu, bukan di masjid atau di gereja, jangan sampe deh ada kaya ginian di masjid. Astaghfirullah,” cuit Tanumarga.

Penulusuran kliping hidayatullah.com melalui Youtube diperoleh, video ini adalah konser Batavia Madrigal Singers bertajuk Sanguinis Choraliensis! Sabtu, 27 Juli 2013 di Balai Resital Kertanegara, Kebayoran Baru.

Paduan suara terdiri dari penyanyi pria dan wanita  dari paduan Suara Universitas Katolik Parahyangan dengan Composer, Fero Aldiansya Stefanus dan konduktor Avip Priatna membacakan Surah Al Hujuraat (49) Ayat 13 diiringi musik.

“Pendekatan komposernya memang lebih pada kiamat yang kontemplatif,” ujar, Avip Priatna dikutip laman tempo.*

lihat videoanya di youtube

 

Rep: Ainuddin Chalik
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Banyak Tokoh Mendoakan Anies Segera Pulih Bebas Covid-19

Banyak Tokoh Mendoakan Anies Segera Pulih Bebas Covid-19

Warga Apresiasi Pemkot Balikpapan Imbau Shalat Berjamaah

Warga Apresiasi Pemkot Balikpapan Imbau Shalat Berjamaah

Anggota DPR: Kekerasan Seksual Anak di Bawah Umur Sudah Tarap Membahayakan

Anggota DPR: Kekerasan Seksual Anak di Bawah Umur Sudah Tarap Membahayakan

Syeikh Sholih Abalkhail: Dakwah Harus dengan Arif dan Bijaksana

Syeikh Sholih Abalkhail: Dakwah Harus dengan Arif dan Bijaksana

Warga Langsa Desak Pembubaran LDII

Warga Langsa Desak Pembubaran LDII

Baca Juga

Berita Lainnya