Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Gratiskan SPP, STIS Buka Peluang Calon Dai dan Daiyah

Muh. Abdus Syakur/Hidayatullah.com
Penugasan alumni STISHID Balikpapan menjadi dai di daerah
Bagikan:

Hidayatullah.com–Menjelang tahun ajaran baru, Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah Balikpapan kembali membuka peluang beasiswa penuh kepada seluruh mahasiswa yang mendaftar di perguruan tinggi Islam tersebut.

Hal itu dikatakan oleh Hidayat Jaya Miharja, M.Si, Wakil Ketua II STIS Hidayatullah ketika melakukan kunjungan silaturahim sekaligus sosialisasi ke beberapa sekolah di Kota Balikpapan, belum lama ini.

“Sejak awal pendirian, STIS sudah mencanangkan program kuliah tanpa biaya alias gratis kepada seluruh mahasiswanya,” ujar Hidayat menerangkan.

Menurut Hidayat, rincian tanpa biaya yang dimaksud adalah gratis SPP, biaya pembangunan, biaya konsumsi, dan biaya asrama (akomodasi). Sedang yang ditanggung oleh mahasiswa hanya berupa infak pedaftaran, keperluan buku pelajaran, biaya PKL/KKN, dan biaya ujian skripsi dan wisuda.

“Selain itu, seluruh mahasiswa STIS wajib berasrama selama menjalani masa kuliah dan itu ditanggung sepenuhnya oleh STIS,” papar Hidayat menambahkan.

Untuk pendaftaran tahun ini, STIS yang memiliki jurusan Syariah/Ahwal Syakhshiyah tersebut membuka pendaftaran sebanyak dua gelombang. Gelombang pertama dari tanggal 1 Juni – 16 Agustus 2015 dan selanjutnya berlaku dari 17 Agustus hingga 16 September 2015. Sedianya mahasiswa sesuai jadwal akan mengawali kuliah perdana tanggal 6 September 2015.

“Insya Allah mahasiswa yang dinyatakan lulus dalam proses pendidikan ini berhak menyandang gelar akademik S.H.I (Sarjana Hukum Islam),” ucap Hidayat lagi.

Berdiri sejak tahun 2004 lalu, dalam perjalanannya STIS sudah melahirkan ratusan alumni kader dakwah yang menyebar ke seluruh pelosok Nusantara.

Uniknya, diantara para lulusan tersebut, tak satupun di antara mereka yang penganggur atau belum mengabdi kepada masyarakat.

“Hingga kini, seluruh lulusan STIS sudah diserap oleh masyarakat dan berkarya di sejumlah titik dakwah di Nusantara,” terang Hidayat.

“Rata-rata mereka menjadi pengajar dan da’i di daerah. Namun tak sedikit pula yang menjadi entrepreneur Muslim dengan berbagai usaha yang ditekuninya,” lanjut Hidayat tersenyum.

Untuk itu, Ketua STIS Hidayatullah, Dr. Abdurrahim, M.S.I dalam kesempatan terpisah, mengucapkan ribuan terima kasih atas partisipasi seluruh masyarakat dalam mendukung program pendidikan gratis STIS Hidayatullah.

Terlebih, realitasnya mayoritas mahasiswa berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan latar belakang ekonomi menengah.

“Kami bersyukur atas kepercayaan dan dukungan masyarakat selama ini,” ungkap Abdurrahim.

Untuk diketahui, dengan tanggungan finansial yang tidak ringan, sejak awal STIS membuka diri dengan merangkul seluruh elemen masyarakat dan pemerintah.

Mulai dari uluran tangan para donatur, sumbangan insidentil masyarakat, hingga bantuan sosial dari Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur. “Alhamdulillah, secara rutin STIS juga menerima bantuan dari Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Balikpapan,” pungkas Abdurrahim bersyukur.

Terakhir, untuk info lebih lanjut tentang pendaftaran STIS Hidayatullah, bisa hubungi 0813-81017916 dan 0852-45097721 atau bisa buka web stishid.ac.id.*/Masykur  Abu Jaulah

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

PPP: Diperlukan Peraturan Lebih Besar untuk Cegah Dampak Miras

PPP: Diperlukan Peraturan Lebih Besar untuk Cegah Dampak Miras

Jubir JAT: Ahmad Yosepa Bukan Anggota JAT

Jubir JAT: Ahmad Yosepa Bukan Anggota JAT

Wasekjen PKS: Jangan Lupakan Sejarah Kelam 1965

Wasekjen PKS: Jangan Lupakan Sejarah Kelam 1965

Kelompok Muslim Poso Ragu Pelakunya Orang Islam

Kelompok Muslim Poso Ragu Pelakunya Orang Islam

haedar nashir vaksinasi covid-19

Ikut Program Vaksinasi Covid-19, Haedar Nashir: Ikhtiar kita Sebagai Manusia

Baca Juga

Berita Lainnya