JITU Gelar Pelatihan Jurnalistik Untuk Mahasiswa

JITU mengambil peran guna menghadirkan informasi yang berimbang sesuai dengan kebenaran serta fakta di lapangan

JITU Gelar Pelatihan Jurnalistik Untuk Mahasiswa

Terkait

Hidayatullah.com- Jurnalis Islam Bersatu (JITU) menggelar pelatihan jurnalistik untuk mahasiswa seluruh Indonesia di Kantor Kelompok Media Hidayatullah (KMH), Jalan Cipinang Cempedak 1/14, Jakarta Timur, Sabtu-Ahad (2-3/05/2015) kemarin.

Pada acara pelatihan jurnalistik yang baru kali pertama diselenggarakan oleh JITU, Ketua Umum (Ketum) JITU, Agus Abdullah dalam sambutannya menuturkan bahwa dengan kondisi umat Islam yang mayoritas, justru saat ini banyak dirugikan opini-opini kurang menguntungkan Islam.

“Salah satunya melalui pembentukan opini publik yang dilakukan melalui peran media-media,” keta Agus.

Lebih lanjut lagi, Agus menyampaikan umat Islam akan kacau pemikirannya akibat pembentukan opini publik yang negatif terhadap umat Islam dengan pemberitaan yang disajikan media-media mainstream tersebut, sehingga umat Islam sangat butuh pemberitaan yang bisa mengimbangi.

“Dari kondisi seperti itu, musuh-musuh Islam akan selalu berusaha memecah belah ukhuwah umat Islam bahkan berupaya mendangkalkan akidah umat Islam,” imbuh Agus.

Untuk itu, kata Agus, agar umat Islam bisa bersikap serta berpikir dengan tenang sehingga bisa menemukan arah jalan yang jelas dan benar dalam menyikapi sebuah pemberitaan dari media-media mainstream, maka JITU mengambil peran guna menghadirkan informasi yang berimbang sesuai dengan kebenaran serta fakta di lapangan.

“Kalau orang panik atau bingung ia tidak akan bisa berpikir dengan tenang, hingga terkadang mereka akan salah arah dalam memahami sebuah berita,” tegas Agus.

Menurut Agus seorang jurnalis Islam itu harus bersikap skeptis atau tidak mudah percaya dengan informasi yang diperoleh apalagi informasi tersebut dari sumber yang masih belum jelas serta valid kebenarannya.

“Hal yang perlu dilakukan adalah mencari tahu kebenaran informasi itu dengan tabayun untuk mengklarifikasi serta menverifikasi kebenarannya,” imbuh Agus.

Menurut Agus, itulah salah satu dasar yang harus dipahami dan dimengerti para jurnalis Islam dalam menyajikan sebuah berita untuk publik.

Dari pantauan awak hidayatullah.com di lokasi peserta yang mengikuti acara tersebut berasal dari beragam elemen seperti perwakilan Mahasiswa Pecinta Islam (MPI) Lampung, Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Muhammad Natsir Jakarta, Politeknik Kesehatan (Poltekes) Tanjungkarang Lampung, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Hidayatullah Depok dan sebagainya.

Acara yang diselenggarakan selama 2 hari itu menghadirkan pemateri yang merupakan para wartawan senior dari media Islam seperti; Muhammad Pizaro Novelan (Redaktur Pelaksana Islampos.com), Fajar Siddiq (Redaktur Pelaksana Kiblat.net), Ibnu Syafaat (Wartawan Senior dari Majalah Suara Hidayatullah), dan Abdus Syakur (Fotografer Senior dari Majalah Suara Hidayatullah).*

Rep: Achmad Fazeri

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !