Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Produk Sekularisasi Pendidikan Jadikan Manusia Barbar Modern

TEMPO
Sejumlah mahasiswa memegang senjata tajam saat terjadi tawuran dikampus Universitas Negeri Makassar tahun 2012
Bagikan:

Hidayatullah.com–Gerakan sekularisasi menjadi salah satu musuh terberat umat Islam Indonesia hari ini. Pelan tapi pasti pandangan sekular tersebut mulai masuk dan menguasai berbagai ranah kehidupan kaum muslimin, termasuk di bidang pendidikan.

Hal ini diungkap oleh Dr Adian Husaini menerangkan “Perbandingan Pendidikan Islam dan Barat” di Universitas Ibn Khaldun (UIKA), Bogor.

Menurut Adian, bergesernya tujuan pendidikan menjadi warning buat seluruh orangtua dan pendidik, bahwa sekularisasi pendidikan itu benar-benar nyata di tengah masyarakat.

“Berapa banyak orangtua yang menyekolahkan anaknya dan menganggap sekolah adalah perintah agama,” ungkap Adian dengan nada bertanya.

Menurutnya, tujuan pendidikan yang sudah terinfeksi virus sekularisme,  biasanya berpengaruh kepada bahan kurikulum yang dipelajari oleh murid di sekolah.

“Jangan heran, ketika mendapati ada murid bertambah pintar tapi kehilangan adab kepada guru dan orangtuanya,” paparnya menjelaskan.

“Daya nalar dan intelektual murid terus dipacu oleh guru sedang mereka jarang mengasah kecerdasan spritual dan membina akhlaknya.”

Dalam penjelasannya di depan mahasiswa magister pendidikan Islam tersebut, Adian menegaskan peran budaya ilmu yang benar dalam menegakkan peradaban Islam. Sebab sekularisasi pendidikan hanya menjadikan manusia terperangkap dalam faham materialisme.

“Segala urusan diukur dengan cara pandang kebendaan, termasuk persoalan pendidikan. Sadar atau tidak pendidikan mulai berubah menjadi mesin industri yang hanya menghasilkan materi semata,” ucapnya mengingatkan.

Karena itu, ujar Adian,  Barat dengan sekularisasi-nya, tak hanya menafikan peran Tuhan dalam persoalan ilmu (sains dan tekonologi), tapi juga sudah merusak seluruh pemikiran dan perilaku manusia bahkan terhadap lingkungan alam.

“Sekularisasi pendidikan ini hanya menjadikan produknya sebagai manusia barbar modern. Seluruhnya menjadi rusak tak terkecuali lingkungan alam,” pungkas Adian mengutip pendapat tokoh pendidikan Melayu, Syed Muhammad Naquib al-Attas tentang kebobrokan peradaban Barat.*/Masykur Abu Jaulah

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

DPD RI Berharap Persentase Siswa Mengikuti UNBK Meningkat

DPD RI Berharap Persentase Siswa Mengikuti UNBK Meningkat

Pengamat Ekonomi: Sangat Rugi Jokowi Ikut Campur Kasus Ahok

Pengamat Ekonomi: Sangat Rugi Jokowi Ikut Campur Kasus Ahok

MK Diyakini akan Batalkan Perppu Ormas, Ini Alasannya

MK Diyakini akan Batalkan Perppu Ormas, Ini Alasannya

Imam Masjid Istiqlal Himbau Menteri Tak Keluarkan Kebijakan Merisaukan

Imam Masjid Istiqlal Himbau Menteri Tak Keluarkan Kebijakan Merisaukan

“Wartawan Harus Bekerja Sesuai Kode Etiknya”

“Wartawan Harus Bekerja Sesuai Kode Etiknya”

Baca Juga

Berita Lainnya