Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Ongkos Naik Haji Tahun 2015 Turun 502 US Dollar

Bagikan:

Hidayatullah.com—Setelah pembahasan cukup a lot, Komisi VIII DPR dan Kementerian Agama sepakat menurunkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Tahun 1436 Hijriyah/2015 Masehi sebesar 502 dolar Amerika Serikat, dari 3.219 dolar AS pada 2014 menjadi 2.717 dolar AS pada 2015 ini.

“Alhamdulillah, berkat perjuangan bersama, akhirnya Komisi VIII DPR berhasil mewujudkan aspirasi dan harapan masyarakat untuk dapat menurunkan BPIH agar masyarakat lebih terbantu untuk melunasinya,” kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR Deding Ishak di Jakarta, Rabu (22/04/2015) dikutip Antara.

Penurunan ini dilakukan dengan menghemat berbagai komponen penyelenggaraan haji, terutama tiket penerbangan, pemondokan dan biaya tinggal selama ibadah haji.

Menurut Deding, Komisi VIII dan Kemenag sepakat menurunkan BPIH sebesar 502 dolar AS per calon haji dibandingkan dengan tahun lalu. Jika tahun lalu BPIH ditetapkan 3.219 dolar AS, tahun ini menjadi 2.717 dolar AS.

“Berarti terjadi penurunan yang cukup signifikan sebesar 502 dolar AS,” kata Deding yang juga anggota Fraksi Partai Golkar ini.

Ketua Umum DPP Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) ini mengharapkan pemerintah segera mengeluarkan Keppres mengenai penetapan BPIH ini agar ada kepastian bagi jemaah dalam melaksanakan rukun Islam kelima tersebut.

Komisi VIII dan Kementerian Agama juga menyepakati biaya tidak langsung atau indirect cost BPIH sebesar Rp3,7 triliun meliputi biaya langsung ke jamaah Rp3,2 triliun, biaya tidak langsung Rp 260 miliar, kontigensi Rp100 miliar dan katering jemaah di Mekah Rp93 miliar yang mulai dilaksanakan tahun ini.

Sementara itu, angota DPR RI Ledia Hanifa Amaliah bersyukur atas penurunan Biaya Penyelenggaraan Haji 2015 menjadi 2.717 dolar AS atau turun sebesar 502 dolar AS dibanding tahun lalu.

“Setelah berminggu-minggu rapat, mengkoreksi berbagai komponen biaya yang kami yakin bisa direvisi, maka pada menjelang subuh Rabu ini panja BPIH bersama Kementerian Agama berhasil menyepakati besaran BPIH,” kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ledia Hanifa Amaliah.

Menurut dia, penurunan BPIH merupakan kabar baik bagi calon jamaah haji tahun 2015.

Dia mengatakan penurunan BPIH sebesar 502 Dollar AS dari nilai tahun lalu yang mencapai nominal 3.219 dolar AS didapat dari efisiensi biaya langsung dan tidak langsung.*

 

Rep: Anton R
Editor: Huda Ridwan

Bagikan:

Berita Terkait

Revisi UU ITE kebebasan

Temui Bareskrim Polri, Komnas HAM Bahas Mekanisme Penerapan UU ITE dalam kerangka Hak Asasi Manusia

Izin Pamit, Syeikh Adnan Dikerubutin Santri Minta Tanda Tangan

Izin Pamit, Syeikh Adnan Dikerubutin Santri Minta Tanda Tangan

Debat Capres, Jokowi Paparkan Data Tidak Sesuai Fakta

Debat Capres, Jokowi Paparkan Data Tidak Sesuai Fakta

Miss World Miliki Misi Tersembunyi terhadap Perempuan Indonesia

Miss World Miliki Misi Tersembunyi terhadap Perempuan Indonesia

Indonesia Ditempatkan sebagai Negara Terdermawan Kedua di Dunia

Indonesia Ditempatkan sebagai Negara Terdermawan Kedua di Dunia

Baca Juga

Berita Lainnya