Sabtu, 27 Maret 2021 / 14 Sya'ban 1442 H

Nasional

100 Da’i Se-Asia Tenggara Dukung Langkah Negara Teluk Hadapi Kelompok Al-Hautsi

Bagikan:

Hidayatullah.com- Ketua Umum Ikatan Ulama dan Duat Asia Tenggara (Rabithah Ulama wa Du’at Janub Syarqi Asia) Ustad Muhammad Zaitun Rasmin mengatakan ada sebuah pernyataan sikap dari para Da’i se-Asia Tenggara dimana mereka mendukung operasi serangan yang dilakukan Koalisi Negara Teluk kepada kelompok pemberontak Syiah al-Hautsi (Syiah Al-Houthi) di Yaman.

“Alhamdulillah, pernyataan itu didukung oleh para Da’i Asia Tenggara yang terdiri dari 100 orang yang telah melakukan conform dan reses dengan kami untuk menyatakan dukungannya terhadap operasi serangan yang dilakukan oleh Saudi bersama negara-negara teluk kepada kelompok al-Hautsi,” kata Ustad Zaitun dalam konferensi pers di kediamannya, di Jalan Tengku Umar Jakarta, Sabtu (11/04/2015) pagi.

Dengan adanya operasi serangan tersebut, kata Ustad Zaitun, diharapkan kondisi stabilitas keamanan di Yaman bisa dipulihkan dari gejolak yang disebabkan oleh kelompok pemberontak al-Hautsi, serta juga supaya pemerintahan konstitusional di Yaman dapat segara dikembalikan.

“Pernyataan dukungan tersebut dikeluarkan setelah melihat kondisi Yaman yang sangat mengkhawatirkan bagi kami, yaitu ibukota Sana’a dan 2 kota suci Makkah dan Madinah,” ungkap Ustad Zaitun.

Selain itu, Zaitun juga menyampaikan bahwa sebetulnya kelompok al-Hautsi sudah pernah diajak untuk melakukan perdamaian, tetapi justru mereka malah melancarkan serangan di wilayah perbatasan antara Saudi dengan Yaman.

“Hal itu, tentu tidak bisa dianggap remeh. Terlebih lagi, pada tahun 2011 banyak mahasiswa Indonesia dan Asia Tenggara yag terbunuh di tangan milisi kelompok al-Hautsi itu. Padahal para mahasiswa tersebut tidak melakukan apa-apa kecuali hanya belajar di Yaman,” tegas Ustad Zaitun. [Baca: Nama 2 WNI Korban Pemberontak Syi’ah Yaman]

Untuk itu, Ustad Zaitun berharap, baik kepada pemerintah Indonesia maupun negara-negara ASEAN agar segera cepat menyelesaikan permasalah itu. Sebab, jika persoalan itu tak kunjung selesai maka perjalanan umroh dan haji akan bisa terganggu serta mudah menyebarluasnya gerakan-gerakan terorisme yang sangat menyukai wilayah-wilayah yang sedang mengalami gejolak atau konflik.*

 

Rep: Achmad Fazeri
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Gubernur Bali Sewot Film Gigolo

Gubernur Bali Sewot Film Gigolo

Tulis Surat Cinta pada SBY dan Kapolri, SMP Luqman al Hakim desak Hak Polwan Berjilbab

Tulis Surat Cinta pada SBY dan Kapolri, SMP Luqman al Hakim desak Hak Polwan Berjilbab

Adi Sasono Pernah Dijuluki ‘Robin Hood van Java’

Adi Sasono Pernah Dijuluki ‘Robin Hood van Java’

Azimah Subagyo: Permintaan Maaf Metro TV Bukan Berarti Masalah Selesai

Azimah Subagyo: Permintaan Maaf Metro TV Bukan Berarti Masalah Selesai

Kebersihan masjid

Jaga Kebersihan Masjid agar Jamaah Tidak Lebih Memilih SPBU

Baca Juga

Berita Lainnya