Menag Sebut Kasus Nama Muhammad dan Ali di Autogate Bandara Murni Kesalahan Teknis

enkumham memberikan saran agar untuk sementara ini, menggunakan jalur biasa saja, jangan dulu menggunakan autogate karena memang ini belum sempurna

Menag Sebut Kasus Nama Muhammad dan Ali di Autogate Bandara Murni Kesalahan Teknis

Terkait

Hidayatullah.com–Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan bahwa masalah “tercekal” nya nama Muhammad dan Ali pada autogate bandara murni kesalahan teknis mesin semata. Hal itu, dikatakan Menag tidak ada kaitannya dengan persoalan diskriminasi terhadap umat Islam yang banyak menggunakan nama Muhammad dan Ali.

“Saya ingin mengatakan bahwa ini sama sekali kesalahan teknis semata. Tidak ada maksud-maksud tertentu, apalagi mendiskriminasikan umat Islam yang umumnya menggunakan nama Muhammad atau Ali. Ini sama sekali tidak maksud-maksud seperti itu,” tegas Menag dikutip laman Kemenag.

Menag mengaku sudah menanyakan langsung persoalan ini kepada Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly. Menurut Yasona,  mesin autogate ini sesuatu yang baru dan sensitive. Sementara itu, bagian imigrasi itu memiliki daftar sejumlah nama yang dicekal. Kalau ada seseorang yang namanya memiliki kemiripan dengan nama-nama yang dicekal, maka orang itu juga akan ikut tercekal.

“Ini cara kerja mesin baru yang masih uji coba ini. Ternyata ada nama Muhammad dan nama Ali yang dicekal, sehingga ketika ada orang yang namanya Muhammad dan Ali,  kemudian ikut terkena imbas dalam hal ini,” jelas Menag.

Sehubungan itu, lanjut Menag, Menkumham memberikan saran agar untuk sementara ini, menggunakan jalur biasa saja, jangan dulu menggunakan autogate karena memang ini belum sempurna.

“Karena ini memang masih baru dan masih uji coba,” ujarnya.

“Kemenkumham berjanji untuk sesegera mungkin menyempurnakan kesalahan teknis itu,” tambahnya.*

Rep: Anton R

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !