Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Indonesia Banyak Musibah, Mendagri dan Adik Ahok Minta Tak Ada Pesta Tahun Baru

Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo (kiri), Bupati Belitung Timur yang juga adik Ahok, Basuri Tjahaja Purnama (kanan)
Bagikan:

Hidayatullah.com—Guna menghormati kegiatan pencarian pesawat AirAsia QZ8501 yang sedang berlangsung di perairan Belitung Timur, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Belitung Timur akan membatalkan pelaksanaan acara tahun baru 2015 di Pantai Nyiur Melambai.

Pembatalan acara pesta yang awalnya akan direncanakan di Pantr Melambai Desa Lalang, pada hari Rabu,31 Desember 2014 ini  ini merupakan instruksi Bupati Belitung Timur Basuri Tjahaja Purnama.

Demikian disampaikan Kepala Disbudpar Kabupaten Belitung Timur Helly Tjandra, Selasa (30/12/2014). Sebelumnya kabar ini disampaikan oleh Helly lewat akun Facebook-nya pada pukul 11.40 WIB.

Dalam akunnya tersebut ia mengatakan, acara tahun baru akan diganti dengan kegiatan doa bersama lintas agama di Gedung Auditorium Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Rabu (31/12/2014) pukul 20.00 WIB.

“Kita sudah koordinasi dengan Pak Bupati, dan beliau minta agar acaranya dialihkan menjadi doa bersama, karena itu kita berharap masyarakat bisa maklum karena momennya tidak tepat, satu sisi orang sedang melakukan pencarian, di sisi lain kita melakukan perayaan Tahun Baru,” kata Helly sebagaimana dikutip laman Kompas.

Sebelum musibah, awalnya akan direncanakan pesta berupa hiburan musik dan kembang api, serta sambutan dari Bupati Belitung Timur Basuri, yang juga adik kandung Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengimbau kepada seluruh jajaran pejabat dan pegawai negeri sipil (PNS) di Kemendagri pusat dan daerah baik provinsi maupun Kabupaten/Kota se-Indonesia untuk tidak merayakan datangnya tahun baru dengan pesta.

“Kita sedang berduka atas musibah pesawat AirAsia yang mengakibatkan banyaknya warga Indonesia yang meninggal dunia,” kata Tjahjo, Selasa (30/12/2014) dikutip Okezone.

Dia mengatakan, bangsa ini saat ini sedang berduka. Rasa empati sesama warga bangsa perlu diwujudkan dengan tidak berpesta pora berlebihan pada penutup tahun 2014 dan menyambut tahun baru 2015.

Selain Mendagri dan Bupati Belitung Timur, rencana pesta kembang api yang akan digelar di area Benteng Vastenburg pada malam pergantian tahun juga ditiadakan. Sebab, situasi di Solo sedang berduka, pascakebakaran Pasar Klewer yang terjadi Sabtu (27/12/2014) malam lalu.*

 

 

Rep: Anton R
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Almarhum KH Abdullah Syukri Zarkasyi Dimakamkan di Pondok Gontor Pagi ini

Almarhum KH Abdullah Syukri Zarkasyi Dimakamkan di Pondok Gontor Pagi ini

Tokoh Waria dan Homo Lolos Calon Anggota Komnas HAM

Tokoh Waria dan Homo Lolos Calon Anggota Komnas HAM

Rachmat Gobel Dukung Adhyaksa Dault Maju Sebagai Gubernur Jakarta

Rachmat Gobel Dukung Adhyaksa Dault Maju Sebagai Gubernur Jakarta

Senator Komisi III Desak Perpres Bebas Visa Dicabut

Senator Komisi III Desak Perpres Bebas Visa Dicabut

Partai “Wong Cilik” ini Sewa Jet untuk Jokowi US$ 7.500 per Jam

Partai “Wong Cilik” ini Sewa Jet untuk Jokowi US$ 7.500 per Jam

Baca Juga

Berita Lainnya