Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Tahun Baru 1436 Hijriah Momentum Umat Islam Bermuhasabah

Muh. Abdus Syakur/Hidayatullah.com
Banner kegiatan menyambut tahun baru Islam 1436 H di Kalimulya, Depok
Bagikan:

Hidayatullah.com– Tahun baru Islam 1436 H akan segera masuk sesaat lagi. Pergantian tahun ini sepatutnya menjadi momentum bagi umat Islam untuk bermuhasabah. Demikian salah satu pesan yang disampaikan Sekjen Pimpinan Pusat Hidayatullah Ir Abu A’la Abdullah dalam khutbah Jumat terakhir di tahun 1435 H ini.

Di hadapan ratusan jamaah Masjid Ummul Quraa, Kalimulya, Cilodong, Depok, Jawa Barat, Abu A’la mengingatkan pentingnya berhijrah bagi kaum Muslimin. Dimana pada tahun baru, kata dia, seorang Muslim menjadi lebih baik daripada tahun sebelumnya.

“Hijrah itu sangat penting dalam perjalanan hidup,” ujarnya, Jumat (24/10/2014).

Menurutnya, yang terpenting saat ini adalah hijrah tidak sebatas fisik, tapi juga secara batin. Mengutip Hadits “Innamal a’malu binniyat” dalam kitab Al-Arba’in An-Nawawiyah, Abu A’la mengatakan, inti hijrah adalah niatnya.

Dalam Hadits tersebut disebutkan bahwa sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung niat seseorang. Abu A’la pun mengatakan, ada tiga kata kunci yang bisa diambil dari Hadits itu, yaitu iman, hijrah, dan jihad. Ketiganya ini saling terkait.

“Iman, hijrah, dan jihad itu integrated (terintegrasi. Red),” ujarnya.

Ia mengatakan, hijrahnya seorang Muslim bukan karena harta, tahta, maupun wanita (materi). Namun harus bermuara pada tujuan jihad.

“Jihad di jalan Allah, jihad fii sabilillah. Jihad ini adalah perjalanan suci,” ujarnya.

Olehnya, kata dia, amal ibadah sehari-hari harus dijaga untuk memupuk iman, hijrah, dan jihad. Seperti shalat fardhu, shalat tahajud, shalat dhuha, membaca dan mentadabburi al-Qur’an, serta berdzikir kepada Allah Subhanahu Wata’ala.

“Iman, hijrah, dan jihad dipupuk dengan ibadah-ibadah itu,” ujarnya.

Abu A’la mengatakan, sebagai aplikasi dalam kehidupan, ketiga kata kunci itu harus dibangkitkan dan digelorakan untuk melawan berbagai paham-paham di luar Islam, seperti materialisme dan hedonisme.

“Semoga di tahun baru (Hijriyah) ini Allah memberikan kita kekuatan (untuk menjadi lebih baik),” pesannya di penghujung khutbah Jumat.

Seperti diketahui, terhitung mulai waktu Maghrib pada Jumat (24/10/2014) sudah masuk tanggal 1 Muharram 1436 H.

Sementara itu, menyambut tahun baru Hijriyah, ormas-ormas Islam akan melakukan berbagai kegiatan. Termasuk Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok yang akan menghelat acara Muharram Education Fair (MEF) 1436 H pada Sabtu-Ahad (8-9 November 2014). MEF ini diisi berbagai kegiatan seperti pameran, market day, penampilan English Day, serta berbagai lomba. Di antaranya lomba hafalan al-Qur’an, lomba doa-doa, pidato bahasa Arab, dan sebagainya.*

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Wakil Ketua MPR: Kebangkitan Nasional Indonesia Hasil Kebersamaan

Wakil Ketua MPR: Kebangkitan Nasional Indonesia Hasil Kebersamaan

JK: Kapasitas Masjid 40 Persen saat Pemberlakuan Normal Baru

JK: Kapasitas Masjid 40 Persen saat Pemberlakuan Normal Baru

Semarak Menyambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah

Semarak Menyambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah

Pemuda Muhammadiyah Kembali Kritik Densus Tembak Mati Terduga Teroris

Pemuda Muhammadiyah Kembali Kritik Densus Tembak Mati Terduga Teroris

Upaya Adakan Vaksin Halal, MUI Wajibkan Pemerintah dan Produsen

Upaya Adakan Vaksin Halal, MUI Wajibkan Pemerintah dan Produsen

Baca Juga

Berita Lainnya