Rabu, 29 September 2021 / 21 Safar 1443 H

Nasional

Cendekiawan Berbagai Negara Ikut Simposium Pertama Riset Halal Global 2014

Bagikan:

Hidayatulah.com–Dalam rangkaian acara Pameran Halal INDHEX 2014, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika, Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menyelenggarakan “the First Symposium on Global Halal Research” yang dilangsungkan pada 23-24 Oktober 2014 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pertemuan ilmiah membahasal halal dan pangan ini pertama kali ini diadakan di Indonesia diikuti para peneliti yang memiliki minat terhadap riset terkait halal di bidang Teknologi Pangan, Ilmu Pengetahuan Alam, Kosmetika, Farmasi dan Ekonomi Syariah untuk mempresentasikan hasil penelitian yang sudah mereka lakukan.

Mengusung tema, “Mendorong Sains Halal dengan Pendekatan Multi-Displin” simposium ini dibuka secara resmi oleh Ir. Ira Nurhayati Djarot, M.Sc., dari Kemenristek, menyajikan makalah “The Role of Government on Halal Research” (Peran Pemerintah dalam Riset Halal).

Dalam paparannya, ia menjelaskan, halal kini bukan hanya sebagai masalah keagamaan semata. Tetapi telah menjadi simbol global untuk jaminan kualitas keamanan dan kesehatan serta sebagai pilihan gaya hidup yang berkembang semakin populer diimplementasikan, bahkan juga oleh kalangan non-Muslim.

“Maka dalam pandangan Kemenristek, peran R&D (Research and Development, Riset dan Pengembangan) produk-produk konsumsi bagi masyarakat jelas sangat dibutuhkan dalam konteks ini. Dan bagi Indonesia dengan penduduk mayoritas beragama Islam, tentu adalah produk yang halal,” tuturnya dikutip laman MUI.

Ikut menjadi pemakalah di acara ini Prof.Dr.Ir. Irawadi Jamaran dari Halal Science Center (HSC) IPB Bogor menjelaskan, perubahan bahan dan proses yang dilakukan dalam produksi bahan konsumsi.

Juga Prof.Dr. Winai Dahlan (Thailand), dengan makalah “IT Support in Halal Implementation”, Dr. Dzulkifli Mat Husin (Malaysia), “Halal Authentification by Laboratory Testing”, Dr. Mustafa Farouk (New Zealand) dengan makalah “Research Update on Halal Sughtering”. *

 

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Kemenag Usut Aliran Komar di Depok

Kemenag Usut Aliran Komar di Depok

DPR Masih Menerima Masukan Soal RUU KKG

DPR Masih Menerima Masukan Soal RUU KKG

Banyak Anggota Dewan “Tutupi” Kekayaannya

Banyak Anggota Dewan “Tutupi” Kekayaannya

Pakar: Ada Banyak Peraturan Pemerintah  Hambat Sertifikasi Guru Madrasah

Pakar: Ada Banyak Peraturan Pemerintah Hambat Sertifikasi Guru Madrasah

Hussein Umar: Erotisme Musuh Bersama Umat Islam

Hussein Umar: Erotisme Musuh Bersama Umat Islam

Baca Juga

Berita Lainnya