Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Prof. Dr. Amal Fathullah Dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Akidah dan Filsafat

Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam Bidang Akidah dan Filsafat
Bagikan:

Hidayatullah.com- Menjadi sebuah kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo pada pada hari Kamis, (18/09/2014) setelah dengan  resmi Institut Studi Islam Darussalam (ISID) berganti menjadi Universitas Darussalam Gontor (UNIDA).

Peresmian UNIDA tertuang melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. No.197/E/O/2014 tentang Izin Pendirian Universitas Darussalam Gontor.

Surat Keputusan tersebut dibacakan langsung oleh H. Mulyono Jamal, M.A selaku Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Darussalam Gontor.

Bersamaan dengan itu, Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo juga mengukuhkan Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A sebagai Guru Besar dalam Bidang Akidah  dan Filsafat berdasarkan pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.98495/A4.3/KP/2014 yang ditetapkan oleh Direktur Jendral Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhammad Nuh.

Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam Bidang Akidah dan Filsafat dengan karyanya yang berjudul “Nahwa Ilmi al-Kalam al-Jadid” atau “Menuju Pembaharuan Ilmu kalam” yang juga menjadi judul orasi ilmiah yang ia sampaikan dengan menggunakan bahasa Arab pada acara tersebut.

“Ilmu kalam merupakan ilmu yang digunakan untuk membuktikan kebenaran akidah dengan dalil-dalil yang pasti bersumber dari dalil ‘aqly maupun naqly,” kata Fathullah mengutip pendapat ulama.

Pembuktikan tersebut menurut Fathullah, guna menjawab berbagai keraguan yang ditimbulkan oleh para penentang Islam. Hingga pada akhirnya, keraguan tersebut dapat hilang dan berganti keimanan yang mampu membawa ketenangan dalam hati, serta menghilangkan keraguan (syubhat) dan menundukkan hawa nafsu.

“Ilmu kalam, merupakan ilmu penting dan mulia. Dalam Islam, ilmu kalam sebagai  ilmu  yang memberikan pembuktian kebenaran akidah Islam dan sebagai jawaban terhadap berbagai serangan akidah lain dari para penentang Islam,” tegas Fathullah.

Acara pengukuhan dilakukan oleh Mantan Rektor Institut Studi Islam Darussalam Gontor, Drs. H. Kafrawi Ridwan, M.A.

Dalam acara tersebut hadir Sekretaris Jendral Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Ainun Na’im, Ph.D mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Mantan Menteri Agama M. Maftuh Basuni sebagai salah seorang anggota Dewan  Kurator bersama Prof. Ja’far Abdussalam dari Mesir, sebagai Pimpinan Assosiasi Universitas Islam Internasional, Rektor Universitas Sultan Agung Semarang,  Dr. Anis Malik Toha, Mantan Rektor Universitas Islam Negeri Maliki Ibrahim Malang.

Selain acara pengukuhan  juga dilakukan acara serah terima jabatan dari Rektor lama Institut Studi Islam Darussalam, Drs. Kafrawi Ridwan, M.A kepada Rektor baru Universtitas Darussalam Pondok Modern Darussalam Gontor, Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. */Achmad Fazeri

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Santri Bandung Turun Jalan, Bela Muslim Muslim Rohingya

Santri Bandung Turun Jalan, Bela Muslim Muslim Rohingya

Habis Dipecat, Kader Golkar Wonosobo Tambah Solid Menangkan Prabowo

Habis Dipecat, Kader Golkar Wonosobo Tambah Solid Menangkan Prabowo

GNB Upayakan Kemerdekaan Palestina

GNB Upayakan Kemerdekaan Palestina

IPHI Programkan Pemberdayaan Ekonomi Syariah

IPHI Programkan Pemberdayaan Ekonomi Syariah

Mensos Apresiasi Penutupan Lokalisasi Dolly

Mensos Apresiasi Penutupan Lokalisasi Dolly

Baca Juga

Berita Lainnya