Mahfud MD: Pilkada Tidak Langsung Ciptakan Birokrasi Sehat

Banyak sekali pengeluaran untuk Pilkada langsung. DKI Jakarta saja bisa menghabiskan 140 milyar, ujarnya Mahfudz MD

Mahfud MD: Pilkada Tidak Langsung Ciptakan Birokrasi Sehat
Muh. Abdus Syakur/Hidayatullah.com
Mahfud MD

Terkait

Hidayatullah.com–Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Prof Dr Mahfud MD menyatakan bahwa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilakukan secara langsung lebih banyak kekurangan dab mudharat. Di antara kekurangan paling menonjol adalah penggunaan uang yang besar.

“Banyak sekali pengeluaran. Untuk DKI Jakarta saja sampai Rp. 140 milyar,” ujarnya dalam diskusi ‘RUU Pilkada untuk Kesejahteraan Rakyat’ di hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (17/09/2014) di Jakarta kemarin.

Menurutnya, Pilkada langsung atau tidak langsung sama-sama tidak melanggar konstitusi yang ada di republik ini.  Keduanya tetap sah di mata hukum.

“Langsung atau tidak sama konstitusional,” ucapnya.

Mahfud yang pernah menjabat sebagai Koordinator Presidium Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) ini mendukung jika ada perubahan dalam proses Pilkada di tanah air.

Di satu sisi, ia pun menilai jika proses Pilkada ini terus dilaksanakan akan menciptakan birokrasi yang tidak sehat. Dan untuk para perangkat birokrat pun diduga kuat mendukung calon tersebut.

“Birokrasi dapat rusak karena dukung si calon,” tutupnya.*

Rep: Robigusta Suryanto

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !