Amien Rais: Pemilik Modal Kendalikan Media untuk Politik

Pemilik modal juga ikut mengendalikan peran media massa. Sehingga pemilik modal tetap terjaga pengaruhnya bagi pasangan yang dikehendakinya

Amien Rais: Pemilik Modal Kendalikan Media untuk Politik
hidayatullah.com/Robi
“Diskusi RUU Pilkada untuk Kesejahteraan Rakyat” di salah satu hotel di bilangan Jakarta

Terkait

Hidayatullah.com–Demokrasi saat ini mencerminkan demokrasi pemilik modal. Ini terlihat sebagai contoh saat Pemiliahan Kepala Daerah (Pilkada), di mana pemilik modal campur tangan begitu kuat.

“Demokrasi dibiayai oleh pemilik modal,” ucap  Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) Dr Amien Rais dalam diskusi ‘RUU Pilkada untuk Kesejahteraan Rakyat’ di hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (17/09/2014) di Jakarta kemarin.

Menurut Amien Rais, keterlibatan pemilik modal acapkali mendikte politik. Selain itu, mantan Ketua MPR tersebut juga mengatakan, pemilik modal juga ikut mengendalikan peran media massa. Sehingga pemilik modal tetap terjaga pengaruhnya bagi pasangan yang dikehendakinya, dan dapat dikontrol.

“Media massa menjadi penjaga kemapanan bagi penguasa pemilik modal,” tegasnya.

Sebab itu, pemimpin yang nanti terpilih adalah pemimpin pesanan.

Amien yang merupakan tokoh Muhammadiyah ini juga mengingatkan agar Koalisi Merah Putih yang telah terbangun agar menjaga kesolidannya. Dan jika ada keluar dari koalisi ini, Amien menilai itu adalah sebagai tindakan tidak cerdas. “Koalisi Merah Putih gabung, adalah tindakan bodoh,” ujarnya mengingatkan.

Amien memberikan pendapatnya mengenai Pilkada tidak langsung adalah salah satu untuk menyelamatkan tujuan-tujuan reformasi.

Amien menyampaikan hal tersebut di depan awak media, pimpinan ICMI, peneliti, elit partai,  dan masyarakat lainnya di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, kemarin malam Ia berharap agar reformasi tetap berdiri pada tujuan awal, demi kemaslahatan rakyat.*

Rep: Robigusta Suryanto

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !