Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

PKB Disebut Minta Jatah 10 Kursi Menteri ke Jokowi

Metrotvnews
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (kedua kanan), dan calon presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo (Jokowi)
Bagikan:

Hidayatullah.com–Koalisi tanpa syarat yang seing digembar-gemborkan Joko Widodo saat membangun koalisi nampaknya hanya isapan jempol.

Setelah Jokowi ditetapkan KPU sebagai pemenang Pilpres, salah satu peserta koalisi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dinilai tak malu-malu meminta jatah menteri, seolah lupa dengan janji sebelumnya.

Sebelumnya, petinggi PKB secara terang-terangan membahas soal jatah menteri untuk PKB. Bahkan, PKB mengaku sudah menyiapkan beberapa nama untuk diajukan kepada Jokowi.

Terkait sikap PKB yang mengajukan 10 jatah kursi menteri pihak PDI-P mengaku menyerahkan pada Jokowi, demikian panggilan akrab Joko Widodo.

“Soal 10 jatah kursi yang diajukan PKB, iya, itu urusan Pak Jokowi dengan PKB-lah. Ha ha ha,” kata mantan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Pramono Anung di komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (12/08/2014) dikutip Antara.

Sebelumnya, Wakil Ketua Fraksi PKB DPR RI, Abdul Kadir Karding, mengatakan DPP PKB telah menyiapkan 10 nama yang akan diusulkan sebagai calon menteri dalam kabinet Jokowi-Jusuf Kalla jika pasangan itu menjadi presiden dan wakil presiden.

“Berdasarkan petunjuk Pak Muhaimin, beliau telah menyiapkan 10 nama kader yang akan dicalonkan menjadi menteri. Akan tetapi, kami tidak tahu siapa nama-nama orang tersebut,” kata Abdul Kadir di Temanggung, Ahad  dikutip Antara.

Selain Abdul Kadir, kader PKB Ali Maschan Moesa pernah mengatakan, berdasarkan pembicaraan kedua kubu, PKB meminta jatah Menteri Agama (Menag).

“Ada semacam komitmen kalau yang urusan agama diserahkan ke kami, PKB, NU lah,” kata Ali Maschan ketika dihubungi detikcom, Jumat (01/08/2014).

Komitmen tersebut, ungkap Ali Maschan, sudah pernah dibicarakan Megawati dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Bagaimanapun koalisi tanpa bagi-bagi menteri nampaknya sesuatu yang mustahil.*

Rep: Anton R
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Ruhut Sitompul Habis Sesumbar Memuji Ahok, Menyanjung Umat Islam

Ruhut Sitompul Habis Sesumbar Memuji Ahok, Menyanjung Umat Islam

Karya Ulama Pacitan Ditemukan di Saudi

Karya Ulama Pacitan Ditemukan di Saudi

vaksinasi 2021 jamaah haji

Anggota Komisi VIII DPR, Minta Pemerintah Prioritaskan Vaksinasi Bagi Jamaah Haji 2021

Alasan Kraton Yogya Tak Beri Izin Muslim United Pakai Masjid Gedhe

Alasan Kraton Yogya Tak Beri Izin Muslim United Pakai Masjid Gedhe

Polri Menampik Dinilai Lamban Tangani Rusuh Ambon

Polri Menampik Dinilai Lamban Tangani Rusuh Ambon

Baca Juga

Berita Lainnya