Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Ketua DMI: Capres Indonesia dan Perjuangan Palestina Mudahan Bersinergi

Muh. Abdus Syakur/Hidayatullah.com
Ketua PP DMI Syamsudin memberikan dukungan bagi kemerdekaan Palestina
Bagikan:

Hidayatullah.com– Beberapa hari pasca pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres) 2014, Rabu (09/07), isu capres-cawapres masih terus diperbincangkan. Isu ini bahkan kerap dikaitkan dengan isu dunia terhangat yaitu kondisi terkini Palestina.

Setidaknya hal itu tercermin dari penyampaian Ketua PP Dewan Masjid Indonesia (DMI), Syamsudin, dalam orasinya pada acara pelepasan relawan Indonesia untuk Palestina di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (11/7/2014).

Syamsudin menyatakan, lembaga yang dipimpin Ketua Umum HM Jusuf Kalla (JK) ini mendukung kemerdekaan Palestina. Para capres-cawapres pun diharapkan bisa bersinergi dengan para “relawan Palestina”.

“Kami mengambil dukungan kemarin dari kandidat presiden untuk memberikan kemerdekaan Palestina,” ujar Syamsudin tanpa menjelaskan kandidat yang dimaksud.

Sebagai tambahan, JK merupakan cawapres pasangan Joko Widodo (Jokowi). Pada Pilpres 2014 keduanya bersaing dengan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Syamsudin berharap, “Mudahan ada sinergi antara perjuangan di Palestina dengan para calon pemimpin negeri ini (Indonesia).”

Ia mengatakan, DMI mengutuk keras tindakan Zionis-Israel yang telah membunuh rakyat Palestina di Gaza. “Kami prihatin, mereka (Israel) telah membunuh wanita, anak-anak,” ujarnya.

Ia pun menyerukan umat Islam dunia untuk merapikan barisan membantu Palestina dan tidak berpangku tangan. Apalagi di bulan Ramadhan sebagai momentun yang tepat.

“Umat Islam di Indonesia juga harus melakukan itu,” imbuhnya.

Kemerdekaan bangsa Indonesia, kata Syamsudin, juga pernah dibantu oleh bangsa-bangsa di Timur Tengah. Seperti diketahui, Mesir dan Palestina termasuk negara yang segera mengakui kemerdekaan Indonesia enam puluhan tahun silam.

“Mari kita upayakan untuk memberikan bantuan kongkrit terhadap kemerdekaan rakyat Palestina. Segala sesuatu yang kita miliki, berikan,” ujarnya berpesan.

Pasangan calon Jokowi-JK diberitakan akan menyumbangkan dana kampanyenya untuk membantu Palestina. Total dana terkumpul untuk pemenangan kandidat capres-cawapres tersebut sebesar Rp 295 miliar.

“Sebenarnya bukan hanya Palestina, Indonesia juga banyak masalah. Namun, setelah proses (pilpres) ini selesai, kami Insya Allah akan membantu warga Palestina,” kata JK di kediamannya, Kamis (10/7), dikutip Republika.co.id.

Sementara capres dari koalisi merah putih Prabowo bersama Abu Rizal Bakri ikut mengutuk kekerasan yang terjadi di Gaza. Kedua tokoh nasional itu juga berjanji akan memberikan bantuan uang untuk kemanusiaan.

“Saya hari ini uang pribadi saya komit Rp 1 miliar,” ujarnya, dalam aksi peduli kemanusiaan untuk rakyat Palestina di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Jumat (11/07/2014), seperti diberitakan hidayatullah.com sebelumnya.*

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Walikota Padang Beri Penghargaan Pelajar yang Shalat Subuh Berjamaah Selama 40 Hari

Walikota Padang Beri Penghargaan Pelajar yang Shalat Subuh Berjamaah Selama 40 Hari

Ahad Malam Penutupan IBF, Tarif Parkir Istora Biasanya Naik

Ahad Malam Penutupan IBF, Tarif Parkir Istora Biasanya Naik

Muhammadiyah Desak Pemerintah Lindungi WNI di China

Muhammadiyah Desak Pemerintah Lindungi WNI di China

Anggota Komisi I: Pemerintah Harus Profesional dan Transparan Jalankan UU Pers

Anggota Komisi I: Pemerintah Harus Profesional dan Transparan Jalankan UU Pers

Banyak yang Menangis Masjid Dijual, Anak SD Serahkan Celengan ke Pengurus

Banyak yang Menangis Masjid Dijual, Anak SD Serahkan Celengan ke Pengurus

Baca Juga

Berita Lainnya