Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Jokowi Ziarah Kubur di Makam Bung Karno Tengah Malam

Ilustrasi: Makam Bung Karno di Blitar
Bagikan:

Hidayatullah.com–Calon presiden (capres) nomor urut dua Joko Widodo (Jokowi) melakukan ziarah ke makam Presiden RI Soekarno yang berlokasi di Blitar, Jawa Timur, Sabtu dini hari.

Jokowi dengan mengenakan kemeja kotak-kotak dan didampingi oleh ajudannya tiba di lokasi di atas pukul 00.00 WIB.

Sementara itu, di lokasi pemakaman Bung Karno, ratusan orang yang terdiri dari warga dan simpatisan terlihat sudah ramai berkumpul menunggu kedatangan capres tersebut, demikian dikutip Antaranews.

Jokowi pun bergegas berjalan menuju makam Bung Karno. Hanya segelintir orang yang mendampinginya masuk ke area makam, sedangkan warga, termasuk pewarta yang ingin meliput tidak diizinkan untuk masuk.

Suasana di dalam area makam tampak gelap. Jokowi hanya ditemani beberapa ajudan dalam mendoakan arwah Sang Proklamator itu.

Teriakan-teriakan para pendukung Jokowi memecah keheningan malam. Mereka setia menanti Jokowi di luar area makam.

Dikutip Okezone.com, selain berziarah  berdoa, Jokowi juga melakukan ritual tabur bunga. Sekira 15 menit kemudian, pasangan cawapres Jusuf Kalla tersebut kembali muncul di depan massa.

Jokowi melangkah keluar dari area makam. Di gerbang makam, dia sempat berhenti untuk berfoto sekaligus bersalaman dengan warga dan simpatisan, lalu melanjutkan perjalan.

Jokowi kemudian meninggalkan lokasi sekitar pukul 00.40 WIB. Usai berziarah, Jokowi akan melanjutkan safari politiknya ke Trenggalek.

Berbeda dengan saat masuk makam. Saat keluar Jokowi telah mengenakan peci berwarna  hitam. Tidak tahu pasti, apakah peci yang dipakai tersebut untuk keperluan ziarah, atau bertujuan mengimitasi gaya Bung Karno.

Dengan alasan telah memasuki bulan Ramadhan, Jokowi mengajak seluruh pendukungnya untuk lebih meningkatkan perilaku cinta kasih.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa kunjungan tersebut dilakukan untuk mendoakan almarhum Presiden Soekarno karena merupakan pahlawan sekaligus proklamator kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

“Ziarah ini bukan dalam rangka apa-apa, ya untuk mendoakan saja. Ingat ya, Bung Karno itu proklamator RI, pahlawan kita,” kata Jokowi di lokasi pemakaman Bung Karno di Blitar, Jawa Timur, Sabtu dini hari.

Meskipun demikian, dia tidak menjelaskan lebih jauh alasan yang membuatnya mendatangi makam Bung Karno tepat pada tengah malam.

“Ingin mendoakan. Kalau kita berziarah, ya artinya mendoakan. Makanya, kalau saya datang ke makam Bung Karno, itu bukan berarti apa-apa. Itu semata-mata ziarah, dan saya ingin berdoa untuk beliau,” ungkap Jokowi.*

 

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

investasi miras

Tengku Zulkarnain: Buktikan Saya Menghina Suku Dayak

Hasyim Muzadi: Ketidakadilan Global Terhadap Negara Muslim Berkepanjangan

Hasyim Muzadi: Ketidakadilan Global Terhadap Negara Muslim Berkepanjangan

Terkait Aksi Bela Islam III, Ini Tausyiah Kebangsaan MUI

Terkait Aksi Bela Islam III, Ini Tausyiah Kebangsaan MUI

Pengacara Datangi Polda Metro untuk Minta Surat Panggilan Pemeriksaan HRS dkk

Pengacara Datangi Polda Metro untuk Minta Surat Panggilan Pemeriksaan HRS dkk

Lokalisasi Dolly Direncanakan Ditutup Sebelum Ramadhan

Lokalisasi Dolly Direncanakan Ditutup Sebelum Ramadhan

Baca Juga

Berita Lainnya