Senin, 24 Januari 2022 / 20 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

Ketua MPR: Kesederhanaan Capres belum tentu Cermin Kejujuran

Bagikan:

Hidayatullah.com–Pemimpin mendatang harus konkrit menyelesaikan kasus korupsi. Mulai dari kalangan pejabat daerah hingga pusat. Sehingga pemberantasan korupsi akan menghasilkan pemerintahan yang bersih, tidak semata kesederhanaan.

Pernyataan ini disampaikan  Kastorius Sinaga sebagai Tim Sukses (Timses) Prabowo-Hatta saat mempunyai formula yang signifikan untuk memberantas korupsi dari segala lini.

Di antaranya usulannya, menciptakan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikior) hingga tingkat daerah atau kabupaten. Hal ini diyakini akan mampu menghentikan korupsi.

“Bangun lembaga Tipikor hingga ke daerah atau kabupaten,” ucapnya di saat menjadi pembicara yang dalam Diskusi Media yang diselenggarakan Lingkar Kajian Wartawan Pemilu, Ahad (15/06/2014) di Jakarta.

Kemudian, ia mengakui bahwa formula ini tidak dimiliki Jokowi-JK. Ia pun menyatakan jika hal tersebut berjalan, para calon pelaku korupsi otomatis akan berpikir panjang untuk korupsi.

“Ini tidak ada pada Jokowi-JK,” tambahnya.

Sehingga pemimpin-pemimpin daerah yang dipimpin Prabowo-Hatta mendatang bersih dari korupsi. “Calon pemimpin mendatang harus bersih dari korupsi,” katanya.

Di sisi lain, Ketua MPR Sudarto Danusbroto berpesan kepada setiap peserta Pilpres agar tidak hanya bergaya sederhana. Karena sikap sederhana tidak ada sangkut pautnya dengan kejujuran.

“Tidak hanya bergaya sederhana saja, tetapi calon pemimpin ke depan haruslah bersikap jujur,” ucapnya.

Calon pemimpin juga jangan mudah berjanji lalu ingkar. Sebab sikap seperti ini yang akan dilihat, dinilai, dan diikuti oleh masyarakat.

“Jika pemimpin jujur, kita teladani,” tambahnya.*

Rep: Robigusta Suryanto
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Presiden Mengaku Terbantu dan Apresiasi Fatwa MUI terkait Covid-19

Presiden Mengaku Terbantu dan Apresiasi Fatwa MUI terkait Covid-19

Cegah Kasus Daging Palsu, Penerapan UU JPH Harus Dikuatkan

Cegah Kasus Daging Palsu, Penerapan UU JPH Harus Dikuatkan

kesejahteraan guru

DPR RI Minta Kaji Ulang Hak Veto Anggota DK PBB

Lebih Baik Pendidikan “Berkarakter” daripada P4

Lebih Baik Pendidikan “Berkarakter” daripada P4

ims polri

IMS Kunjungi Mabes Polri, Bahas Vaksinasi Nasional

Baca Juga

Berita Lainnya