Jum'at, 12 Februari 2021 / 29 Jumadil Akhir 1442 H

Nasional

Belasan Media Massa ‘Bentrok’ di DD Cup, KMH Raih Juara II dan Pemain Terbaik

Amin Insani/Hidayatullah.com
Tim Futsal KMH Juara II Dompet Dhuafa Cup (Syakur baju biru)
Bagikan:

Hidayatullah.com–Belasan media massa cetak dan elektronik terlibat ‘bentrok’ dalam ajang Dompet Dhuafa (DD) Cup Futsal Media Competition di Jakarta, Sabtu (31/5/2014). Pada kompetisi futsal antar-media ini, tim Kelompok Media Hidayatullah (KMH) sukses merengkuh Juara II.

Selain itu, pemain bertahan KMH Muh. Abdus Syakur dinobatkan sebagai The Best Player of DD Cup 2014. Sementara top scorer (pencetak gol terbanyak) dicapai oleh Adi dari Sindo TV A. Tim futsal media internet Inilah.com sukses meraih Juara I, disusul KMH (Runner Up), dan Sindo TV A sebagai Juara III setelah mengalahkan JPNN.

Kompetisi ini digelar di gedung Tifosi Futsal, Jl. Radin Inten, Duren Sawit, Jakarta Timur. Sedianya, sebanyak 16 tim media akan ikut serta. Namun hingga kompetisi dimulai, 4 tim tidak datang ke arena.

Sejumlah tim yang tidak ada musuhnya dinyatakan menang WO dengan skor 3-0.

Tampilnya KMH sebagai Runner Up di luar prediksi banyak pihak. Salah seorang panitia bahkan menyebut KMH sebagai tim yang tidak diperhitungkan, namun bisa tampil hebat.

“(Padahal) Hidayatullah ini tim kuda hitam,”  ujar seorang komentator melontarkan apresiasinya saat menyebut KMH lolos ke semifinal.

Manajer KMH Niesky H Permana juga tidak menyangka timnya berhasil tembus final. “Persiapannya begitu minim bisa meraih Juara II. Alhamdulillah,” ujarnya kepada Hidayatullah.com usai kompetisi.

Jalannya Kompetisi

Perjalanan tim KMH masuk final bisa dibilang penuh perjuangan. Pada babak penyisihan, tim yang dikapteni Mamik Hidayat ini sukses membantai tim Republika dengan skor telak 6-0. Karena menggunakan sistim gugur, KMH langsung melenggang ke babak perempat final.

Di babak ini, KMH ditunggu tim JakTV. Lagi-lagi, Syakur dan kawan-kawan berhasil lolos ke babak berikutnya usai unggul 3-1. Kemenangan ini didapat setelah sebelumnya mereka tertinggal 1 gol terlebih dahulu.

Saat semifinal, KMH yang berkostum Ijo Stabilo berhadapan dengan tim JPNN. Dengan susah payah, lagi-lagi setelah kebobolan duluan, KMH berhasil membalik skor akhir menjadi 2-1.

Yang seru saat bentrok dengan tim futsal Inilah.com pada partai puncak. Awalnya KMH tertinggal 2 gol. Namun, Mamik membangkitkan semangat rekan-rekannya untuk menyamakan skor. Sayang, di pertengahan babak kedua, Inilah.com berhasil mencuri 1 gol lewat tendangan bebas. Skor 3-2 untuk Inilah.com membawa tim berkostum hijau tua ini tampil sebagai juara.

Meski kalah di final, skuad KMH merasa sudah lebih dari cukup. Syakur yang juga wartawan foto KMH bahkan awalnya memperkirakan timnya akan kandas di babak penyisihan.

“KMH tampil bagus, kerjasama tim diperlihatkan dengan apik,” puji Niesky, yang belum lama ini melakukan peliputan konflik di Suriah.

Di antara tim media lain yang mengikuti kompetisi ini adalah RCTI, Kompas, Net TV A-B, majalah Swara Cinta, dan Sindo TV B. DD Cup digelar sejak sekitar pukul 09.20-15.50 WIB, berlangsung sehari dengan jeda istirahat, shalat, dan makan siang. Saat masuk waktu Zhuhur, tampak sebagian pemain –termasuk skuad KMH– shalat berjamaah di mushalla Tifosi Futsal.

Ajang Silaturahim Para Wartawan

Panitia DD Cup mengatakan, kompetisi ini digelar dalam rangka merajut ikatan persatuan antar-media.

“Kompetisi ini sebagai ajang silaturahim,” ujar Mulyadi, mewakili panitia dalam sambutannya saat pembukaan kompetisi.

Selain itu, lanjutnya, kompetisi ini juga digelar untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1435 H dan Piala Dunia 2014, serta dalam rangka milad DD ke-21.

Mulyadi berharap, “Kerjasama antar Dompet Dhuafa dengan rekan-rekan media dapat terjalin dengan lebih erat dan semakin mempersatukan kita.”

Berita duka datang saat pembukaan kompetisi tersebut. Panitia menyebut bahwa seorang peserta futsal dari Berita Satu meninggal dunia sebelum tiba di Tifosi Futsal. Tidak dijelaskan siapa korban tersebut dan penyebab kematiannya. Berita Satu termasuk media yang batal mengikuti kompetisi ini.

Syakur berharap, para wartawan menangkap kompetisi ini tidak sebatas permainan olahraga. Lebih dari itu, tercipta kompetisi yang sehat dan sportif dalam persaingan antar-wartawan dan media massa di kancah jurnalistik.

“Saya rasa kompetisi-kompetisi semacam (DD Cup) ini perlu digelar lagi dengan berbagai bentuk. Baik kompetisi futsal maupun di luar dunia olahraga,” ujar pria asal Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur yang tidak menyangka jadi The Best Player ini.

Panitia menyediakan total hadiah uang tunai sebesar Rp 5 juta plus 3 piala. Berdasarkan informasi yang dihimpun Hidayatullah.com, hadiah tersebut akan diserahkan secara resmi pada gelaran Dompet Dhuafa Award 2014 yang rencananya akan digelar pada 2 Juli mendatang. Kompetisi futsal antar media ini yang pertama kalinya digelar DD.*

Rep: Jurnalis Sarungan
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Tiga Kementerian Siapkan RUU Kerukunan Umat Beragama

Tiga Kementerian Siapkan RUU Kerukunan Umat Beragama

Kerjasama KMH dengan Kerajaan Kelantan Didasarkan Iman

Kerjasama KMH dengan Kerajaan Kelantan Didasarkan Iman

Soal SKB Atribut Agama, Wapres Ma’ruf Amin: SKB Ini Sesuai dengan Aspirasi

Soal SKB Atribut Agama, Wapres Ma’ruf Amin: SKB Ini Sesuai dengan Aspirasi

Ikapi Diminta Petakan Sistem Perbukuan

Ikapi Diminta Petakan Sistem Perbukuan

Jimly: UU Intelijen Berpotensi Disalahgunakan

Jimly: UU Intelijen Berpotensi Disalahgunakan

Baca Juga

Berita Lainnya