Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Ujian Terbuka Al-Qur’an, SMP Ar-Rohmah Malang Hadirkan Penguji dari Somalia

Abu Ayman
Ujian Terbuka Al-Qur’an SMP Ar-Rohmah Malang.
Bagikan:

Hidayatullah.com–Sekitar 60-an santri kelas IX SMP Ar-Rohmah Pesantren Hidayatullah Malang, Jawa Timur, mengikuti Ujian Terbuka Al-Qur’an hari Rabu, 28 Mei 2014. Ke-60 santri yang mengikuti Ujian Terbuka (UTER) ini telah mengikuti ujian kelayakan ikut uter yang diadakan 2 pekan sebelumnya.

Ujian terbuka ini diadakan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan santri dalam mencapai target yang telah ditetapkan oleh pesantren.

Setiap santri di lingkungan Lempaga Pendidikan Islam (LPI) Ar-Rohmah diwajibkan menghafal minimal 3 juz dalam masa studi 3 tahun. Untuk santri SMP Ar-Rohmah yang melanjutkan ke SMA Ar-Rohmah secara otomatis harus menghafal minimal 6 juz.

Ustadz Muhammad Muhdi selaku Direktur Kepesantrenan LPI Ar-Rohmah Malang mengatakan, ujian ini merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan studi LPI Ar-Rohmah Malang, baik SMP maupun SMA.

Target 3 juz, lanjutnya, bukanlah batasan. Artinya, santri dianjurkan untuk menambah lebih dari 3 juz. Lebih banyak, lebih baik.

Sebagai penguji dihadirkan dua orang dari Somalia, Mahmud al-Hafidz dan Abdullah al-Hafidz yang sedang rihlah ilmiah di Indonesia mau meluangkan waktunya untuk menjadi penguji. Satu orang penguji lainnya merupakan salah seorang ustadz hafidz yang tercatat sebagai SDM di LPI Ar-Rohmah Malang.

Bertempat di Masjid Baiiturrahmah, kompleks LPI Ar-Rohmah Malang, acara ini dihadiri oleh puluhan asatidz dari berbagai unit di lingkup LPI Ar-Rohmah Malang.

Acara ini juga dihadiri ratusan santri kelas VII dan VIII SMP Ar-Rohmah yang datang sebagai undangan wajib.

“Ke depan, kami juga akan menghadirkan para orang-tua/wali santri yang teruji. Supaya mereka bisa mengetahui pencapaian hafalan anak-anak mereka, atau bahkan ikut mengetes langsung hafalan mereka,” kata Ustadz Khoirul Anam, selaku ketua panitia.*

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

vaksin syarat haji

Gelar Vaksinasi di Istiqlal, Wujud Nyata Sinergitas Mengatasi Penyebaran Covid-19

DKI Jakarta Bebaskan Pemakaman Warga Miskin

DKI Jakarta Bebaskan Pemakaman Warga Miskin

Polisi Karachi Bentuk Unit Sepatu Roda untuk Tekan Kejahatan Jalanan

Polisi Karachi Bentuk Unit Sepatu Roda untuk Tekan Kejahatan Jalanan

Pemerintah Myanmar Masih Melakukan Diskriminasi Terhadap Muslim Rohingyah

Pemerintah Myanmar Masih Melakukan Diskriminasi Terhadap Muslim Rohingyah

webinar internasional

BMOIWI Gelar Webinar Internasional, Usung “Pentingnya Peran dan Kewajiban Perempuan dalam Islam”

Baca Juga

Berita Lainnya