Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

KPK tetapkan Suryadharma Ali tersangka Dugaan Korupsi Kasus haji

MCH
Bagikan:

KPK tetapkan Suryadharma Ali tersangka kasus haji

Hidayatullah.com–Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Agama Suryadharma Ali sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi penyelenggaraan haji.

“Sudah naik penyidikan dengan SDA (Suryadharma Ali, red) dan kawan-kawan sebagai tersangka,” kata Wakil Ketua KPK, Busyro Muqqodas, dalam pesan singkat kepada wartawan di Jakarta,Kamis, (22/05/2014)  dikutip Antara.

Pada Selasa (06/05/2014), KPK meminta keterangan Suryadharma dalam kaitannya dengan penyelidikan dugaan korupsi penyelenggaraan haji.

Selepas diperiksa KPK Selasa itu, Suryadharma mengaku tidak mampu menjangkau terlalu detail ke jajaran di bawahnya terkait penyelidikan dugaan korupsi penyelenggaraan haji oleh KPK.

“Itu saya serahkan semuanya kepada pihak KPK yang pada saat ini melakukan penyelidikan. Saya tidak bisa menjangkau terlalu detail, ke bawah, karena penyelenggaraan haji dengan total 194 ribu jamaah haji itu bukan pekerjaan yang mudah,” kata Suryadharma.

Suryadharma mengatakan Tim Penyelidik KPK menanyakan penyelenggaraan haji pada 2012-2013 terutama pengadaan catering dan pengadaan perumahan di Arab Saudi.

“Itu juga ditanyakan kepada saya. Saya tidak tahu persis apakah ada permainan semacam itu yang dilakukan oleh Komisi VIII. Saya tidak tahu apakah ada anggota Komisi VIII yang melakukan bisnis-bisnis itu,” kata Suryadharma.

Dia mengatakan keberadaan pemondokan-pemondokan haji yang tidak layak baru diketahui ketika evaluasi penyelenggaraan pada empat hari hingga lima hari setelah penyelenggaraan haji.

“Di situlah muncul persoalan, antara lain perumahan yang dikategorikan jelek. Perumahan itu dimiliki satu orang dan kami diminta ambil atau tidak ambil semuanya. Tim perumahan kami merasa terdesak karena terikat waktu dan pesaing dari negara lain yang juga butuh rumah,” kata Suryadharma.

Dia mengatakan dana total haji selama satu tahun hingga saat ini berjumlah sekitar Rp 70 triliun dan manfaat atau bunga dari dana itu dikembalikan kepada jamaah dalam bentuk peningkatan kualitas layanan.

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

PBB: Konfederasi Partai Bisa Jadi Solusi

PBB: Konfederasi Partai Bisa Jadi Solusi

Beri Bantuan Kemanusiaan Untuk Suriah, Fadli Zon Apresiasi Peran FIPS

Beri Bantuan Kemanusiaan Untuk Suriah, Fadli Zon Apresiasi Peran FIPS

Kemenag: Undang-undang Hanya Akui 6 Agama

Kemenag: Undang-undang Hanya Akui 6 Agama

Diserang Fitnah, UAS: ‘Kuserahkan Semua pada Engkau Ya Allah’

Diserang Fitnah, UAS: ‘Kuserahkan Semua pada Engkau Ya Allah’

MUI Minta Dokter Beri Resep Obat Halal kepada Pasien

MUI Minta Dokter Beri Resep Obat Halal kepada Pasien

Baca Juga

Berita Lainnya