Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Mayoritas Parpol Islam Dukung Prabowo-Hatta, PKB ke Jokowi-JK

Muh. Abdus Syakur
Suasana deklarasi pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Hatta di Polonia.
Bagikan:

Hidayatullah.com–Mayoritas partai politik (parpol) berbasis massa Islam mendukung pasangan Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Parpol yang dimaksud adalah Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Dari lima parpol Islam peserta Pemilu 2014, hanya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang merapat ke Capres-Cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK).

Kedua pasangan Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK menggelar deklarasi hampir bersamaan pada Senin (19/5/2014). Acara deklarasi Prabowo-Hatta digelar di bekas rumah Presiden RI pertama, Soekarno, Jalan Cipinang Cempedak 1, Polonia, Jakarta Timur pada siang hari.

Pantauan Hidayatullah.com di lokasi, acara ini dihadiri sejumlah petinggi parpol Gerindra, PAN, PKS, PPP, Golkar, dan PBB. Mereka menyatakan dukungannya secara resmi terhadap pasangan Prabowo-Hatta. Dari PKS misalnya, hadir Ketua Dewan Syuro Hilmi Aminuddin dan Presiden Anis Matta.

“Hati kita semua digerakkan oleh Allah untuk berhimpun dan mendukung pasangan ini. Allah Yang Maha Besar yang mampu mempersatukan hati kita semua,” ujar Ustadz Hilmi, sapaannya.

Ketua Umum (Ketum) PPP Suryadharma Ali menilai, Prabowo-Hatta sebagai putra terbaik bangsa. Ditunjukkan dengan bergabungnya Golkar dan PBB.

“Dengan mengucap ‘Bismillah’, sambil memohon ridho dan bimbingan Allah Subhanahu Wata’ala, PPP secara bulat tanpa keraguan sedikit pun menjatuhkan pilihan dan dukungan pada Prabowo Subianto-Hatta Rajasa,” ujarnya.

Hadir pula Ketum PBB Malam Sambat Kaban, serta Ketua Majelis Pertimbangan PAN Amien Rais yang ditemani Sekjen PAN Taufik Kurniawan. Sekretaris Jenderal Golkar, Idrus Marham dan Wakil Ketum Golkar Cicip Sutardjo juga hadir pada deklarasi yang diwarnai guntur dan petir ini.

Prabowo dan Hatta, dalam sambutannya menyatakan kesiapan dan terima kasihnya atas dukungan tersebut.

Jokowi-JK Dianggap Cocok

Sebelumnya, Jokowi-JK menggelar acara deklarasi di Gedung Joang 45, Menteng Raya, Jakarta Pusat, Senin (19/5/2014) pagi hingga siang. Pasangan Capres-Cawapres ini resmi didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), PKB, Hanura, dan NasDem.

Deklarasi ini dihadiri Ketum PKB Muhaimin Iskandar. Cak Imin, sapaannya, menyebut, ada alasan-alasan tertentu partainya mendukung JK sebagai cawapres Jokowi.

“Yang penting cocok saja kalau Cawapres, kemudian elektabilitasnya tinggi. Lalu orang NU juga,” katanya di Jalan Teuku Umar, Menteng dikutip laman VIVAnews.

Ketum Partai Hanura Wiranto menyatakan dukungannya kepada pasangan tersebut. Dia menilai, JK merupakan sosok yang jujur dan sederhana.

Sementara Capres Jokowi mengaku yakin, dia dan JK akan membawa gerakan perubahan di negara Indonesia.

Seperti diketahui, pasangan Jokowi-JK telah mendaftarkan diri sebagai pasangan capres-cawapres ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat usai deklarasi. Sementara pasangan Prabowo-Hatta akan melakukan pendaftaran pada Selasa (20/5/2014), tepat di hari terakhir pendaftaran peserta Pemilihan Presiden.*

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Cerita Pemilu dari Luar Negeri: di Istanbul Surat Suara Kurang, di Doha Berlebih

Cerita Pemilu dari Luar Negeri: di Istanbul Surat Suara Kurang, di Doha Berlebih

Serikat Muslimah Indonesia Tuntut Kebebasan Berjilbab

Serikat Muslimah Indonesia Tuntut Kebebasan Berjilbab

Berdayakan Masjid, Walikota Bandung Pasang  Wifi untuk Internet Gratis

Berdayakan Masjid, Walikota Bandung Pasang Wifi untuk Internet Gratis

DPR Minta Pemerintah Undang Para Menlu ASEAN Sikapi Krisis Myanmar dan Rohingya

DPR Minta Pemerintah Undang Para Menlu ASEAN Sikapi Krisis Myanmar dan Rohingya

Menag Tegaskan Indonesia Bukan Negara Sekuler

Menag Tegaskan Indonesia Bukan Negara Sekuler

Baca Juga

Berita Lainnya