Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Malam ini, Ulama dan Tokoh Partai Berbasis Islam Bertemu

doc: Furqon
Pertemuan tokoh di rumah Ida Hasyim Ning, istri pengusaha Padang Hasyim Ning di Jalan Cikini Raya 24
Bagikan:

Hidayatullah.com— Malam ini, hari Kamis (17/04/2014) puluhan tokoh Islam dan politisi partai berbasis Islam malam ini bertemu.

Mereka datang semenjak pukul 18.00 WIB bertempat di  rumah Ida Hasyim Ning, isti pengusaha Padang Hasyim Ning di Jalan Cikini Raya 24 (depan Taman Ismail Marzuki).

Hadir di antara mereka tokoh reformasi, Mantan Ketua MPR RI, Dr Amien Rais, Ketua MUI Pusat, KH Cholil Ridwan, dan H Amidhan, Sekjen Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Pusat, Bachtiar Nasir. Beberapa tokoh partai seperti Presiden PKS, Anis Matta didampingi Fahri Hamzah dan belakangan juga datang Dr Hidayat Nur Wahid, Azwar Abu Bakar (PAN), dan wakil dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kepada para wartawan sebelum memasuki ruangan, Amien Rais mengatakan, kehadirannya ini untuk kepentingan seluruh masyarakat, yang dinamakan Poros Tengah untuk semua atau yang dia sebut “Poros Indonesia Raya”

Meski demikian, masyarakat tak perlu takut dengan istilah Poros Tengah karena menurutnya kehadirannya ini untuk semua kalangan.

“Kalangan nasionalis, jadikan ini sebagai representasi. Hindu, Budha, Konghucu, dan Kristen silahkan masuk,” ucap Amien pada wartawan sebelum memasuki ruangan.

Karena itu menurutnya, bagi kalangan nasionalis dan lainnya tidak perlu takut akan hadirnya Poros Tengah ini karena ini untuk semua kalangan; agama maupun golongan.  Amien melanjutkan, Poros Tengah ini akan tetap mengedepankan landasan negara Pancasila dan UUD 1945.

“Tetap acuannya Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945,” tandasnya.

Menurut undangan yang dikirim ke redaksi hidayatullah.com, seharusnya tokoh-tokoh lain yang ikut diundang malam ini antara lain;  Suryadharma Ali, M.A (Ketua Umum PPP), Dr. H. Hamzah Haz,  (Dewan Pembina PPP), Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra,  (Ketua Umum PBB), Rhoma Irama (Calon Presiden RI Fraksi PKB), Prof. Dr. Muhammad Mahfud. MD (Calon Presiden RI Fraksi PKB), Muhammad Jusuf Kalla (Ketua Dewan Masjid Indonesia), Ahmad Heryawan, Lc (Calon Presiden RI Fraksi PKS), KH. Muhammad Arifin Ilham (Pimpinan Majelis Azzikra), KH. Abdullah Gymnastiar (Pimpinan Daarut Tauhid), Ustadz Yusuf Mansur (Pimpinan PonPes PPPA Darul Qur’an) dan  Habib Rizieq Shihab (Imam Besar FPI).

Bahkan hingga berita ini diturunkan nama-nama tersebut belum nampak hadir semua.  Hingga pukul 21.00 WIB para tokoh masih melakukan pertemuan secara tertutup.

Sebagaimana diketahui acara ini merupakan lanjutan  pertemuan tokoh-tokoh Islam bertajuk “Musyawarah Kepemimpinan Nasional Umat 2014” yang diselenggarakan AQL Islamic Center, Jalan Tebet Utara, Jakarta Selatan,  Senin (14/04/2014) lalu.

Sebuah sumber yang diperoleh hidayatullah.com, pertemuan ini merupakan upaya koalisi partai-partai berbasis Islam yang dalam Pemilu legislatif 2014 ini perolehan suaranya cukup besar jika disatukan.*

Rep: Robigusta Suryanto
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

MUI Akan Bahas Fatwa Haji Berulang

MUI Akan Bahas Fatwa Haji Berulang

Kemenag Terbitkan PMA Pencatatan Perkawinan

Kemenag Terbitkan PMA Pencatatan Perkawinan

Soal Aliran Gafatar, Komisi VIII Meminta MUI Mengkaji Secara Mendalam dan Menfatwakan

Soal Aliran Gafatar, Komisi VIII Meminta MUI Mengkaji Secara Mendalam dan Menfatwakan

Banyak Peserta Tertahan di Jalanan dalam Aksi Bela Rohingya Dekat Borobudur Berjalan Lancar

Banyak Peserta Tertahan di Jalanan dalam Aksi Bela Rohingya Dekat Borobudur Berjalan Lancar

Amien Rais dan Puluhan Tokoh Berikan Surat untuk Kapolri, Siap Jamin Penangguhan Penahanan HRS

Amien Rais dan Puluhan Tokoh Berikan Surat untuk Kapolri, Siap Jamin Penangguhan Penahanan HRS

Baca Juga

Berita Lainnya