Selasa, 25 Januari 2022 / 21 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

Puluhan Ribu Umat Islam Antusias Kunjungi “Pameran Pedang Nabi” di IBF

Muh. Abdus Syakur
Umat Islam antusias kunjungi "Pameran Pedang Nabi". Insert: replika pedang Nabi Muhammad SAW.
Bagikan:

Hidayatullah.com–Selain pameran buku-buku, di Islamic Book Fair (IBF) 1435/2014 juga ada Pameran Pedang Nabi. Pameran ini berlangsung di Ruang Anggrek, lantai dua Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta selama IBF 1435 (28/2 sampai 9/3/2014).

Di sini dipamerkan 35 benda peninggalan Rasulullah Shallahu ‘Alaihi Wasallam dan para Sahabat beliau. Meski cuma replikanya, para pengunjung begitu antusias menyaksikan pameran ini.

Menurut Koordinator Pameran Pedang Nabi, Didit, sejak hari pertama IBF 2014, pameran ini telah dikunjungi lebih dari ribuan pengunjung.

“Hampir 10 ribu-lah, kurang lebih,” sebutnya saat ditemui Hidayatullah.com di depan ruang pameran, Jumat (7/3/2014) sore.

Pantauan media ini, tampak para pengunjung bergantian memasuki arena Pameran Pedang Nabi. Mulai anak-anak, para pelajar, mahasiswa, pemuda-pemudi, hingga pasangan suami-istri.

Hanafi Renhoran, salah seorang pengunjung asal Maluku Tenggara mengapresiasi pameran tersebut. Menurut pria 37 tahun ini, pameran tersebut memberikan sumbangsih positif bagi umat Islam.

“Bagus juga ini, karena ini kan menggugah hati kaum Muslimin dan Muslimat ya. Terutama generasi-generasi muda untuk mengikuti perjuangan Rasulullah dan para Sahabat,” ujarnya saat ditemui Hidayatullah.com di ruang pameran.

Pengunjung lainnya, Zainal A, bujang asal Makassar, Sulawesi Selatan, mengaku sangat terkesan dengan pameran itu. Koleksi-koleksinya mengingatkannya pada zaman Rasulullah dan para Sahabat beliau.

“Perasaan saya tuh langsung membayangkan terjadinya peperangan. Ingat pedangnya Khalid bin Walid, ingat film waktu dia tebas siapa gitu,” ucap mahasiswa STIEHID Depok, Jawa Barat ini.

Ungkapan senada diutarakan salah seorang siswi asal Ciawi, Bogor, Jawa Barat, sebutlah Nadia. Dia mengaku mendapat tambahan ilmu dari pameran ini.

Meski, katanya, dia telah menyaksikan pameran serupa di Cibinong, Bogor. Namun pameran ini tetap bernilai tambah baginya.

“Lumayanlah,” ujar siswi kelas 2 SMP Fathan Mubina Ciawi, Bogor, yang tak menyebutkan namanya ini.

Wisata Edukasi Sejarah Nabi

Di antara replika pedang Nabi yang dipamerkan adalah Al-Ma’tsur dan Al-Qadib. Ada juga replika sandal milik Rasulullah. Juga dipamerkan replika tongkat Nabi Musa ‘Alaihissalam dan pedang Nabi Daud ‘Alaihissalam.

Didit mengatakan, pameran ini diadakan sebagai wadah umat Islam menapaktilasi perjuangan Rasulullah dan para Sahabat beliau.

“Pertama tujuannya untuk wisata edukasi, mengenali kembali sejarah tentang Islam,” ujarnya.

Untuk masuk ke ruang berukuran sekitar 25 x 12 meter persegi ini, pengunjung akan dikenakan biaya. Tiket masuknya seharga Rp 15 ribu pada Senin-Kamis, dan Rp 20 ribu pada Jumat-Ahad. Khusus pelajar hanya dikenakan Rp 10 ribu.

Panitia menyediakan tempat sesi berfoto dengan salah satu replika pedang Ali bin Abi thalib Radiyallahu’anhu, dengan biaya Rp 10 ribu per kutip.*

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Alhamdulillah, 33 Penduduk Mentawai Bersyahadat

Alhamdulillah, 33 Penduduk Mentawai Bersyahadat

Laporan BHRN: Muslim Rohingya Dipersulit di Segala Akses

Laporan BHRN: Muslim Rohingya Dipersulit di Segala Akses

Penembakan Polisi, ICAF: Waspadai Provokasi!

Penembakan Polisi, ICAF: Waspadai Provokasi!

Pesta Homoseks Digerebek, Polres: Operasi Cipta Kondisi Jelang Ramadhan

Pesta Homoseks Digerebek, Polres: Operasi Cipta Kondisi Jelang Ramadhan

Wamenag

Wamenag Ajak Ulama Sosialisasikan Fiqih Pandemi

Baca Juga

Berita Lainnya