Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Penulis Mesir Dr. Raghib As-Sirjani akan Hadir di IBF 2014

Dr. Raghib As-Sirjani
Bagikan:

Hidayatullah.com—Penulis dan cendekiawan ternama asal Mesir, Dr. Raghib As-Sirjani direncanakan akan datang ke Indonesia pada 27 Februari-2 Maret 2014.

Kedatangan As-Sirjani ini bertepatan dengan penyelenggaraan Islamic Book Fair (IBF) 2014.

Bagi para penikmat buku-buku bertema sejarah dan peradaban, nama As-Sirjani sangat dikenal karena kualitas tulisannya yang ilmiah, berbobot, dan kaya akan sumber rujukan.

As-Sirjani yang datang atas undangan penerbit Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, akan membedah salah satu buku hasil karyanya yang berjudul “Maadza Qaddamal Muslimuna lil ‘Alam: Ishamat Al-Muslimin fi Al-Hadharah Al-Insaniyah”.

Buku yang dalam edisi bahasa Indonesianya diterbitkan oleh Pustaka Al-Kautsar dengan judul “Sumbangan Peradaban Islam pada Dunia” ini akan dibedah di panggung utama IBF pada 1 Maret 2014.

Buku ini juga mendapat penghargaan sebagai “buku terjemahan terbaik” dalam IBF tahun ini.

Selain buku Sumbangan Peradaban Islam pada Dunia, karya As-Sirjani yang diterjemahkan oleh Pustaka Al-Kautsar dan mendapat respon yang sangat baik di masyarakat adalah buku  “Bangkit dan Runtuhnya Andalusia”. Buku ini memaparkan tentang kejayaan umat Islam di dataran Eropa selama kurang lebih 800 tahun dan kontribusinya bagi kemajuan peradaban dunia.

Dr. Raghib As-Sirjani dikenal sangat produktif menulis buku. Tidak kurang 49 buku telah ditulisnya. Buku yang ditulis meliputi sejarah dan peradaban serta tema-tema keislaman lainnya, yaitu; Uswatun lil ‘Alamin (Sejarah Nabi), Qishah At-Tatar min Al-Bidayah ila ‘Ain Jalut (Kisah Bangsa Tatar dari Permulaan sampai Perang Ain Jalut), Qishah Al-Hurub Ash-Shalibiyah min Al-Bidayah ila Ahdi Imaduddin Zanky (Kisah Perang Salib dari Permulaan sampai Masa Imaduddin Zanky), Al-Ilm wa Bina’ Al-Umam (Ilmu dan Pembinaan Umat), Qishah Al-Ilm Ath-Thibbiyah fi Al-Hadharah Al-Islamiyah (Sejarah Ilmu Kedokteran dalam Peradaban Islam), Risalah ila Syabab Al-Ummah (Risalah untuk Pemuda Islam), Kaifa Tuhafazhu ‘ala Shalat Al-Fajr (Bagaimana Menjaga Shalat Shubuh), Anta wa Filistin (Anda dan Palestina), dan lain-lain.

Dilahirkan di Mesir, tahun 1964 Raghib As-Sirjani menamatkan pendidikan di Fakultas Kedokter, Cairo University, pada 1988 dengan predikat cumlaude.

Pendidikan tingkat magister dengan predikat cumlaude diselesaikan pada tahun 1992 dan tingkat doktoral pada 1998. Pada tahun 1991, As-Sirjani berhasil menamatkan hafalan Qur’an 30 juz.

Saat ini, ia aktif di berbagai lembaga dan kegiatan kelimuan, diantaranya; dosen Fakultas Kedokteran Universitas Kairo, Anggota Persatuan Ulama Internasional, Ketua Pusat Peradaban dan Kajian Sejarah di Mesir, pemikir Islam dan konsultan pada www.islamstory.com, peniliti sejarah Islam internasional, pembicara di berbagai forum internasional terkait tema-tema sejarah, dan lain-lain.

Selain hadir dalam Islamic Book Fair 2014, ia juga direncanakan akan bertemu dengan sejumlah tokoh dan wartawan dari media massa, termasuk salah satu stasiun televisi nasional.

“Kami berharap, kehadirian cendikiawan asal Mesir ini dapat memberikan pencerahan dan semangat bagi kaum muslimin untuk lebih peduli lagi terhadap nilai-nilai keilmuan sebagai fondasi bagi peradaban,” demikian ujar Artawijaya dari Pustaka Al Kautsar.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

BNN dan UI Sudah Rehabilitasi 6000 Pecandu Narkoba

BNN dan UI Sudah Rehabilitasi 6000 Pecandu Narkoba

Satpol PP Lebih Baik Dipersenjatai Akhlak

Satpol PP Lebih Baik Dipersenjatai Akhlak

Ketum PP Muhammadiyah Temui KH Ma’ruf Amin, Beri Dukungan ke MUI

Ketum PP Muhammadiyah Temui KH Ma’ruf Amin, Beri Dukungan ke MUI

Wakil Ketua DPR Desak Pemerintah Bawa Masalah Pengungsi ke ASEAN

Wakil Ketua DPR Desak Pemerintah Bawa Masalah Pengungsi ke ASEAN

Jelang Natal dan Tahun Baru Masehi, MUI Sampaikan Tausiyah

Jelang Natal dan Tahun Baru Masehi, MUI Sampaikan Tausiyah

Baca Juga

Berita Lainnya