Jum'at, 26 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Nasional

Tiga Bulan Diluncurkan, FMP Jaring 420 Wakif

Firdaus Memorial Park dan KH. Abdullah Gymnastiar saat meresmikannya.
Bagikan:

Hidayatullah.com–Sejak diluncurkan pada 7 Desember 2013, program wakaf pemakaman Muslim Firdaus Memorial Park (FMP) yang digagas Lembaga Wakaf Produktif (WakafPro 99) mendapat respon positif dari masyarakat.

Tidak sedikit masyarakat yang penasaran ingin melihat langsung area pemakaman yang terletak di tengah perkebunan teh Panglejar Bagian Maswati, di Kecamatan Cikalong Wetan, Bandung Barat, Jawa Barat ini.

Untuk menghilangkan rasa penasaran masyarakat, pada Sabtu, 15 Februari lalu, WakafPro menggelar TeaWalk part 2, jalan-jalan santai di sekitar lokasi FMP. Sekitar 100 peserta yang terdiri dari para wakif (orang yang berwakaf) dan calon wakif turut serta pada acara ini.

Dalam rilis yang diterima hidayatullah.com, Kamis (20/2/2014) sore, tercatat sampai dengan pertengahan Februari 2014, tak kurang dari 420 wakif sudah berakad untuk turut serta mewujudkan aset umat ini. Dari jumlah itu, 210 di antaranya sudah melunasi akad wakaf sejumlah Rp 10 juta. Selebihnya, ikut serta dalam program tabungan wakaf, dengan jumlah angsuran wakaf senilai Rp 250 ribu – sampai Rp 1 juta perbulannya.

“Dengan adanya  210  wakif yang sudah melunasi pembayaran wakafnya, berarti saat ini terdapat 630 kaveling yang sudah disiapkan. Bila satu kaveling yang sudah disiapkan  berukuran 2×1 meter, berarti lahan yang sudah siap pakai sekitar 1.260 meter persegi,” demikian salah satu poin rilis WakafPro 99.

Saat ini baru lima hektar lahan pemakaman yang sudah dibebaskan, dari rencana total 21 hektar. Sedianya pada Juni 2014 mendatang, WakafPro 99 akan membebaskan lahan seluas  enam hektar.

Firdaus Memorial Park merupakan pemakaman pertama di Indonesia yang dikelola dari dana wakaf umat, untuk menjawab kebutuhan akan makam yang asri, nyaman, ramah lingkungan, dan sesuai syariat, dimana unsur estetika berpadu manis dengan nilai syariat.

Sedianya FMP dilengkapi juga oleh berbagai fasilitas, seperti layanan 24 jam untuk pemulasaraan dan pengantaran jenazah yang bebas biaya, masjid, sarana pendidikan (pesantren tahfidz), sarana ekonomi produktif (pertanian dan peternakan), taman, dan beberapa lainnya.*

Rep: Ibnu Syafaat
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Dubes Zuhair: Terima Kasih Indonesia Konsisten Dukung Palestina

Dubes Zuhair: Terima Kasih Indonesia Konsisten Dukung Palestina

Sepanjang 2020 Lazis Riau Salurkan Zakat Rp110 miliar

Sepanjang 2020 Lazis Riau Salurkan Zakat Rp110 miliar

Ketua PBNU: Pemimpin Harus Tegas, Berani, dan Pintar

Ketua PBNU: Pemimpin Harus Tegas, Berani, dan Pintar

Tagar #AhokDewaKorupsi Jadi Trending Topic Indonesia

Tagar #AhokDewaKorupsi Jadi Trending Topic Indonesia

Doa Tahlil Laskar FPI

Aktivis 98 Desak Tim Pencari Fakta Independen Kasus Kematian Anggota FPI

Baca Juga

Berita Lainnya