Sabtu, 13 Februari 2021 / 2 Rajab 1442 H

Nasional

Cetak Kader Putri Melalui Program Mabit

Ahmad Damanik
Para santri putri saat Mabit
Bagikan:

Hidayatullah.com–Memanfaatkan waktu liburan sekolah, sebanyak 200 orang santri putri dari SMP Islam Lukman Hakim 02 Tanjung Uncang dan SMP Islam Lukman Hakim Batu Aji mengikuti kegiatan Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT) pada hari Kamis-Jum’at, 30-31 Januari 2014.

Kegiatan dua sekolah yang menjadi binaan Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Batam, Kepulauan Riau ini menggunakan tempat di lapangan olahraga SMP Islam Lukman Hakim 02 Tanjung Uncang, Batam.

Acara yang dibuka pada hari Kamis sore ini dibuka oleh Kepala Departemen Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Batam, Sumarno, M.Pd.I.

Dalam sambutannya, Sumarno mengatakan, kegitan Mabit ini diadakan untuk mempererat silaturahim antara keluarga besar Hidayatullah terutama yang berada di kampus Batu Aji dan Tanjung Uncang.

“Sekaligus juga dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan pembukaan SMA Islam Lukman Hakim 02 khusus putri di kampus Tanjung Uncang,” ujar Sumarno yang juga Kepala SMP Islam Lukman Hakim 02 Tanjung Uncang.

Usai pembukaan, para santri menjalankan shalat Maghrib berjamaah yang dilanjutkan dengan kegiatan mengulang hafalan al-Qur’an dan shalat Isya berjamaah. Setelah makan malam, para santri langsung dihidangkan dengan materi yang diisi oleh Ustadz Ahmad T Darussalam dari Tsabit Media Kreatif. Ustadz Ahmad yang dikenal sebagai trainer di kalangan remaja dan pemuda Batam ini menyajikan Zero Motivation Training.

“Pelatihan ini akan mengantarkan peserta untuk memahami materi 7 Kunci Mencetak Muslim Sejati, 7 Pintu Membentuk Mukmin Bermutu, dan 7 Prasyarat Menjadi Super Muslim,” ujar pria kelahiran Bandung, Jawa Barat yang pernah berguru kepada KH Abdullah Gymnastiar ini.

Namun, tambah Ustadz Ahmad, karena terbatasnya waktu tak semua materi akan disampaikan dalam kesempatan ini.

Selain itu, kegiatan yang dipandu oleh para ustadzah dan mahasiswi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Batam ini akan melaksanakan shalat Lail berjamaah dan tes mental para santri putri.

“Di pagi hari para santri akan mengikuti kegiatan senam dan juga permainan,” jelas Sumarno. Insya Allah, katanya, acara akan berakhir pada hari Jum’at pukul 10 pagi.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Batam, Ustadz Jamaluddin Nur mengatakan bahwa setiap kegiatan pesantren selalu diarahkan kepada proses pengkaderan. Dengan itu, katanya, Hidayatullah memiliki kader-kader yang berkualitas

“Termasuk melalui program Mabit ini, sehingga para santri kian terbiasa untuk menghidupkan shalat Lail dalam kesehariannya,” ujar pria yang kerap disapa Ustadz Jamal.*

Rep: Ahmad Damanik
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Empat Ulama Temui Bush, Habib dan Baasyir Serukan Boikot

Empat Ulama Temui Bush, Habib dan Baasyir Serukan Boikot

PKS Khawatir TNI Ikut Amankan Surat Suara

PKS Khawatir TNI Ikut Amankan Surat Suara

JK Ingin Kembalikan Spirit Syeikh Yusuf Al-Makassary, Ulama Sekaligus Panglima Perang

JK Ingin Kembalikan Spirit Syeikh Yusuf Al-Makassary, Ulama Sekaligus Panglima Perang

Panglima TNI: Indonesia Tanpa Umat Islam Bukan Indonesia

Panglima TNI: Indonesia Tanpa Umat Islam Bukan Indonesia

Islam di Indonesia Jadi Inspirasi Toleransi Beragama bagi Jerman

Islam di Indonesia Jadi Inspirasi Toleransi Beragama bagi Jerman

Baca Juga

Berita Lainnya